relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9222/ title: UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A MATA PELAJARAN FIQH DENGAN METODE ROLE PLAYING DI MI SUNAN PANDAN ARAN SLEMAN creator: MUHAMMAD DIAZ SYAFI’I, NIM. 07480015 subject: Pendidikan Agama Islam description: MUHAMMAD DIAZ SYAFI’I. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas III A MI Sunan Pandan Aran Sleman. Skripsi Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2013. Latar belakang penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa kelas III A MI Sunan Pandan Aran Sleman dalam Mata Pelajaran Fiqh masih kurang memuaskan. Dalam penelitian banyak siswa yang hasil belajar dan minatnya kurang ketika mengikuti proses pembelajaran. Salah satu penyebabnya adalah pola pembelajaran guru yang masih menggunakan metode konvensional. Strategi pembelajaran Role Playing (bermain peran) menjadi salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil dan minat belajar siswa kelas III A MI Sunan Pandan Aran dalam Mata Pelajaran Fiqh, dan seberapa besar peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas III A MI Sunan Pandan Aran setelah menggunakan metode Role Playing (bermain peran). Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan bagi MI Sunan Pandan Aran untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III A. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A yang berjumlah 16 siswa dan guru mata pelajaran Fiqh MI Sunan Pandan Aran. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Terjadi peningkatan minat belajar siswa anatara prasiklus dan siklus I yaitu sebesar 19,06% dan prasiklus dengan siklus II meningkat sebesar 25.27 %. Sedangkan rata-rata peningkatan dari prasiklus ke siklus yaitu sebesar 22.16 % (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal itu dapat dilihat dari persentase prasiklus dengan siklus I sebesar 25.89 % dan prasiklus dengan siklus II sebesar 37.50 %. Sedangkan rata-rata peningkatan dari prasiklus ke siklus yaitu sebesar 31,69%. Selain itu adanya juga peningkatan pada rata-rata tes hasil belajar siswa yaitu pada tes prasiklus sebesar 70 pada siklus I sebesar 88.125 dan siklus II sebesar 96,25. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing atau bermain peran dalam pembelajaran Fiqh untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III A MI Sunan Pandan Aran Sleman dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III A di MI Sunan Pandan Aran Sleman. Kata kunci: metode role playing, minat, hasil belajar, mata pelajaran Fiqh date: 2013-06-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9222/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9222/1/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: MUHAMMAD DIAZ SYAFI’I, NIM. 07480015 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A MATA PELAJARAN FIQH DENGAN METODE ROLE PLAYING DI MI SUNAN PANDAN ARAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.