@phdthesis{digilib9225, month = {June}, title = {EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR?AN BAGI SISWA KELAS VII MTs N SUMBERANGUNG JETIS BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08410231 NUR HAFIDHOTUL HASANAH}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9225/}, abstract = {NUR HAFIDHOTUL HASANAH. Efektifitas Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur?an Bagi Siswa Kelas VII MTs N Sumberagung Jetis Bantul. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini adalah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagaimana penekanannya agar mewujudkan suatu generasi bangsa yang bukan hanya mampu mandiri dalam era global di bidang pengetahuan umum saja, akan tetapi juga mampu mengimbanginya dengan bekal pengetahuan serta keyakinan agama yang sesuai syari?at Islam serta generasi yang Qur?ani. Apalagi sekarang banyak generasi dan out put pendidikan baik dari lembaga umum maupun yang berbasis Islam yang belum bisa membaca al-Qur?an secara fasih dan lancar. Dari situlah peneliti ingin mengukur seberapa besar tingkat efektifitas pelaksanaan program ekstrakurikuler baca tulis al-Qur?an bagi siswa kelas VII, mengingat bahwa MTs N Sumberagung Jetis Bantul merupakan lembaga pendidikan yang berbasis Islam yang sangat memungkinkan bagi siswanya mampu membaca dan menulis al-Qur?an dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Penelitian ini bersifat evaluasi deskriptif. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi dengan sumber penelitian di MTs N Sumberagung Jetis Bantul. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Bidang Kurikulum, Guru Pembimbing ekstrakurikuler baca tulis al-Qur?an dan siswa kelas VII MTs N Sumberagung Jetis Bantul. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1. Pelaksanaan Program Ekstrakurikuler di MTs N Sumberagung Jetis Bantul dengan menerapkan pendekatan pembinaan materi dengan 3 metode/strategi, yaitu klasikal, privat ( sorogan) , dan asistensi. Pelaksanaan pembinaan sesuai dengan kelas regular, siswa belajar secara langsung dengan guru pembimbing secara person to person dengan membaca al-Qur?an atau Iqra?, hafalan surat-surat pendek, dan doa seharihari. 2. Keefektifan pelaksanaan program ekstrakurikuler baca tulis al-Qur?an bagi siswa kelas VII adalah sebagai berikut: a. Pada evaluasi context dinilai cukup efektif, yang sesuai dengan indikator berdasarkan Permendiknas No. 22, 23 dan 24 dengan meningkatkan kualitas siswa dalam penguasaan baca tulis al-Qur?an. b. Pada evaluasi input dinilai cukup efektif, dilihat dari kualifikasi siswa dan sumber belajar sudah sesuai dengan indikatornya, tetapi pada kualifikasi guru banyak yang tidak sesuai dengan indikaror/kriteria sebagai pembimbing baca tulis al-Qur?an. c. Pada evaluasi process dinilai sudah efektif, dilihat dari pelaksanaannya sudah selaras dan berjalan dengan efektif. d. Pada evaluasi product dinilai cukup efektif, siswa sudah dapat meningkatkan kemampuannya dengan menghafalkan surat-surat pendek, akan tetapi siswa kurang terampil dalam menulis al-Qur?an dengan baik dan rapi.} }