<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n"^^ . "ARIEF HIDAYATULLAH. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Tokoh\r\nWayang Semar. Skripsi. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas\r\nIlmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2013. \r\n\r\nLatar belakang penelitian ini dikarenakan kekhawatiran akan \r\nmeningkatnya kemerosotan moral pada generasi bangsa yang disebabkan oleh\r\nkrisis karakter masing-masing individu. Sedangkan, perkembangan teknologi\r\nyang semakin pesat seharusnya berjalan lurus dengan kararter positif\r\npenggunaannya. Jika tidak maka akan terjadi penyalahgunaan pada berbagai\r\nteknologi temuan tersebut. Karenanya penulis mencoba mengangkat penelitian\r\ntentang nilai pendidikan karakter dari sektor budaya yang sarat dengan nilai-nilai\r\nmulia. \r\n\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pustaka atau library research, dengan \r\npendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan atau\r\nmencari informasi dari buku-buku tentang wayang dan buku-buku tentang tokoh\r\nwayang Semar. Penulis juga melakukan wawancara ke banyak dalang dan guru\r\nbahasa Jawa guna menguatkan penelitian dan mendeskripsikannya. Selain itu,\r\nguna data tambahan penulis mengunjungi museum Kekayon (museum wayang) di\r\nBanguntapan, Bantul, yang memang khusus mengoleksi wayang. Metode analisis\r\ndata yang digunakan dalam penelitian ini adalah seleksi data, penyajian, dan\r\nmenyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan teknik triangulasi. \r\n\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh wayang Semar atau yang \r\nsering disebut Ki Lurah Semar adalah punakawan utama dalam dunia\r\npewayangan. Semar merupakan tokoh dalam pewayangan yang bertugas sangat\r\nsentral dan berpenampilan menarik, sebagai pamong bagi para pandawa. Tokoh\r\nwayang Semar memiliki nilai karakter yang relevan dengan nilai pendidikan\r\nkarakter versi Kemendiknas. Nilai-nilai tersebut diantaranya: Religius, Jujur,\r\nToleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokrasi, Nasionalisme,\r\nRasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Gemar Membaca, Cinta Tanah Air,\r\nKomunikatif, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, dan Tanggung\r\nJawab. Dengan demikian nilai karakter tokoh wayang Semar telah relevan dengan\r\nnilai pendidikan karakter versi Kemendiknas. \r\n\r\n \r\nKata kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Tokoh Wayang Semar,\r\nKemendiknas.\r\n"^^ . "2013-07-01" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09480119"^^ . "ARIEF HIDAYATULLAH"^^ . "NIM. 09480119 ARIEF HIDAYATULLAH"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Text)"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Other)"^^ . . . . . . "NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH\r\nWAYANG SEMAR \r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9229 \n\nNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH \nWAYANG SEMAR \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .