%A MUHAMMAD ROMLI - NIM. 03410027 %O Pembimbing : Drs. Radino, M.Ag. %T PELAKSANAAN MENTORING AGAMA ISLAM DI SMP N 1 GALUR KULON PROGO YOGYAKARTA %X Pelaksanaan Mentoring Agama Islam di SMP N 1 Galur Kulon Progo Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang proses pelaksanaan, metode yang digunakan serta hasil yang dicapai dalam pelaksanaan Mentoring Agama Islam di SMP N 1 Galur Kulon Progo. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan Mentoring Agama Islam yang ada di SMP tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif sebagai metode utamanya dan kuantitatif sebagai mrtode pelengkap. Obyek dari penelitian ini ialah Pelaksanaan Mentoring Agama Islam yang ada di SMP N 1 Galur Kulon Progo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dokumentasi serta penyebaran agket sebagai instrumen pelengkapnya. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi, yaitu triangulasi data/sumber dan metode. Selain itu juga didukung dengan data angket. Hasil penelitian menunjukan (1). Proses kegiatan Mentoring Agama Islam di SMP N 1 Galur Kulon Progo, secara garis besar dimulai dari kegiatan pembukaan mentoring, kegiatan tutorial dan kegiatan penutupan. Kegiatan tersebut sesuai dengan kegiatan mentoring pada umumnya. (2). Metode yang digunakan dalam kegiatan Mentoring Agama Islam di SMP N 1 Galur Kulon Progo Yogyakarta ialah metode Ceramah, Tanya Jawab, Hafalan, Game dan kerja kelompok, Outbound. Metode-metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga terkadang para mentor memadukan metode-metode tersebut. (3). Dari data tes dan angket diketahui bahwa pelaksanaan Mentoring Agama Islam di SMP N 1 Galur Kulon Progo pada aspek kognitif dan psikomotor belum berhasil, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang menguasai kompetensi atau mencapai tujuan pembelajaran minimal 65 % dari materi yang disampaikan belum mencapai 85 % dari jumlah keseluruhan siswa. Untuk aspek afektif, siswa yang mencapai tujuan pembelajaran minimal 65 % dari materi yang disampaikan sudah mencapai 96 % hal ini sudah dapat dikatakan berhasil. %K Monitoring Agama Islam %D 2008 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib923