relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9232/ title: PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MAHAROTUL KALAM PADA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 creator: RINTO ARI WIBOWO, NIM. 09481026 subject: Pendidikan Agama Islam description: Rinto Ari Wibowo. Penggunaan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatan Ketrampilan Maharotul Kalam Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah, dalam proses pembelajaran Bahasa Arab peserta didik kelas IV di MI YAPPI Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul pada tahun pelajaran 2012/2013, dinilai kurang memuaskan, hal itu disebabkan proses pembelajaran dirasa kurang menarik minat belajar peserta didik. Menurut pengamatan penulis, hal yang melatarbelakangi kondisi tersebut, diantaranya adalah minimnya metode yang digunakan oleh guru. Sedangkan metode memiliki peran yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran, karena hal tersebut dapat merangsang peserta didik dalam memahami materi. Oleh karena itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan mendiskripsikan Penggunaan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatan Ketrampilan Maharotul Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengambil obyek penelitian di MI YAPPI Baleharjo. Untuk memperoleh data dalam penelitian tersebut penulis melakukan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket . Sedangkan untuk membantu mengungkap data penulis menggunakan data statistik sederhana dengan urutan sebagai berikut : ( 1) perencanaan, ( 2) pelaksanaan, ( 3) observasi dan ( 4) refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi pada pelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas IV di MI YAPPI Baleharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, peningkatan motivasi peserta didik dalam pembelajaran dapat dilihat dari antusiasme anak sangat tinggi. Secara kualitatif, keberanian berbicara meningkat dari siklus ke siklus, kepercayaan diri meningkat karena meningkatnya pemahaman terhadap materi. Terbukti dengan penggunaan metode tersebut nilai Bahasa Arab pada kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 megalami peningkatan dari sebelumnya, meskipun belum seluruhnya mencapai ( KKM ) 67,0. Sebelum tindakan, nilai rata-rata Bahasa Arab siswa adalah 64,39 setelah tindakan siklus pertama naik 67,88 dan siklus kedua nilai rata-rata 69,36. Dari kedua siklus tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman maharotul kalam bagi siswa, setelah diadakan tindakan dua kali siklus. Sedangkan ketrampilan berbicara siswa mencapai 75,00% dari 8 siswa yang ada. Artinya 6 diantaranya penelitian ini mempengaruhi terhadap prestasi siswa. Kata kunci : Metode Sosiodrama – Ketrampilan – Maharotul Kalam. date: 2013-06-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9232/31/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9232/1/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: RINTO ARI WIBOWO, NIM. 09481026 (2013) PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MAHAROTUL KALAM PADA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI YAPPI BALEHARJO WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.