relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9235/ title: HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF DARUL HUDA SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN creator: SITI FATIMAH, NIM.09480074 subject: Pendidikan Agama Islam description: SITI FATIMAH, "Hubungan Antara Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Di MI Mafarif Darul Huda Sukoharjo, Ngaglik, Sleman". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2013. Latar belakang penelitian ini adalah penulis tertarik mengenai eerita guru yang mengeluhkan prestasi siswa kelas V tidak seperti yang diharapkan. Para guru bercerita hal ini disebabkan oleh lingkungan belajar yag tidak mendukung clan kurangnya motivasi siswa.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) adakah hubungan yang positif clan signitikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V MI Ma'arif Darul Huda Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, (2) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V MI Ma'arif Darul Huda, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, (3) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V MI Ma'arif Darul Huda Sukoharjo, Ngaglik, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto yaitu meneliti sebab akibat variabel X terhadap variabel Y yang tidak diberi perlakuan oleh peneliti,dengan subjek seluruh siswa kelas V MI Ma'arif Darul Huda Sukoharjo, Ngaglik, Sleman yang berjumlah 18. Peng-umpulan data lingkungan belajar dan motivasi belajar dilakukan dengan menggunakan angket, sedangkan data prestasi belajar di ambil dari nilai rata-rata Ujian Akhir Semester. Uji coba instrumen ini dilaksanakan di MI Sunan Pandanaran Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman dengan subjek 22 siswa di luar sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dengan r bitung < rtabei yaitu (0,457<0,468) namun (secara matematik) di sini bukanlah hubungan yang positif yang meyakinkan karena masih di bawah rtabei, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan rhitung> rtabei yaitu (0,498>0,468) (secara matematik) di sisni merupakan korelasi yang positif namun tergolong sedang atau cukupan saja. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar clan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan yaitu (4.201>3.68) namun berada pada golongan yang sedang. Besarnya pengaruh variabel lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 35.9% dengan rincian 15.2% hasil kontribusi lingkungan belajar dan 20.7% basil kontribusi motivasi belajar, sedangkan sisanya 66.1% clipenganihi oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian mi. Kata kunci : lingkungan,motivasi dan prestasi date: 2013-06-17 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9235/31/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9235/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: SITI FATIMAH, NIM.09480074 (2013) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF DARUL HUDA SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.