@phdthesis{digilib9237, month = {July}, title = {PENDEKATAN HUMANIS DALAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH DAN BELAJAR DIPONEGORO YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09470025 SITI MUJAIAH}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9237/}, abstract = {Siti Mujaiah. Pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam bagi anak jalanan di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro. Skrpisi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2013. Latar belakang dalam penelitian ini adalah mengenai pendekatan humanis yang digunakan dalam menyikapi anak jalanan saat kegiatan pendampingan belajar. Diharapkan dengan menggunakan pendekatan humanis Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro dapat menerapkan nilai-nilai Islam kepada anak jalanan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam bagi anak jalanan di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro Yogyakarta (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam bagi anak jalanan di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro Yogyakarta (3) hasil yang di peroleh dalam proses pembinaan agama Islam di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro Yogyakarta. Penelitian ini merupakan peneltian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi yang mengambil latar Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam di Rumah Singgah dan Belajar Diponegoro berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari cara mendampingi anak dampingan ketika belajar tidak otoriter dan tidak memaksan kehendak pendamping. 2) Memiliki lima faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran dan memeiliki lima faktor. 3) hasil dari pendekatan humanis dalam pembinaan agama Islam bagi anak jalanan cukup berhasil. Keberhasilan tersebut terlihat dari beberapa kegiatan pendampingan yaitu: a. Pembinaan ketrampilan dan pengetahuan, b. Pembinaan ibadah, c. Pembinaan adab. Dimana dalam kegiatan tersebut terdapat pemenuhan kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan anak jalanan. } }