@phdthesis{digilib9238, month = {June}, title = {KONSEP ETIKA PESERTA DIDIK BERDASARKAN PEMIKIRAN SYAIKH AL-ZARNUJI DALAM KITAB TA?LIM AL-MUTA?ALLIM DAN IMPLIKASINYA BAGI SISWA MADSARAH IBTIDAIYAH }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09480110 SITI NUR HIDAYATI}, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9238/}, abstract = {SITI NUR HIDAYATI. Konsep Etika Peserta Didik Berdasarkan Pemikiran Syaikh Al-Zarnuji dalam Kitab Ta?lim Al-Muta?allim dan Implikasinya bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penulisan ini muncul dari kenyataan harcurnya nilai-nilai moral, merabaknya ketidakadilan, tipisnya solidaritas, meningkatnya kenakalan remaja, berbagai kasus merosotnya akhlak peserta didik saat ini khususnya di tingkat Sekolah Dasar, serta siswa belum mendapatkan buahnya ilmu dan keberkahan ilmu karena kurang bisa memahami tata cara bagaimana mendapatkan ilmu yang manfaat. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Konsep Etika Peserta Didik berdasarkan Pemikiran Syaikh Al-Zarnuji dalam Kitab Ta?lim Al-Muta?allim serta implikasikasinya bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini mengacu pada bahan-bahan tertulis berkaitan dengan pembahasan tentang konsep etika peserta didik, penelitian ini termasuk kepustakaan (library research), yang merupakan penelitian dengan menggunakan buku-buku sebagai sumber datanya. Proses pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, sedangkan analisis data yang dilakukan dengan metode analisis isi, yakni menganalisis makna yang terkandung dalam pemikiran Al-Zarnuji yang terdapat dalam kitab Ta?lim Al-Muta?allim. Hasil penelitian menunjukkan: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan penelitian kepustakaan, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dipahami oleh peserta didik supaya bisa mendapatkan ilmu yang manfaat serta dapat menikmati buahnya ilmu di antaranya ialah: etika peserta didik terhadap ilmu, etika peserta didik terhadap guru dan etika peserta didik terhadap teman. Itu semua sebaiknya dilakukan apabila ingin mendapatkan ilmu yang manfaat yang akan digunakan bekal hidup sepanjang hayat. Bahkan jika orang yang berilmu dan memiliki hasil karya/buku, akan selalu dipedomani, dikenang dan orangnya akan tetap hidup meski jasadnya sudah mati. Adapun strategi yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik yaitu menggunakan berbagai cara di antaranya pemberian nasihat, pemberian contoh atau teladan, pembiasaan, dan menggunakan bahasa daerah dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Etika, Peserta Didik, Ta?lim Al-Muta?allim. } }