eprintid: 9249 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/92/49 datestamp: 2013-09-17 07:10:26 lastmod: 2017-02-01 01:36:17 status_changed: 2013-09-17 07:10:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TATIK MARYATI, NIM. 09481033 title: PENERAPAN METODE DISKUSI PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG SUMBERDAYA ALAM KELAS IV MI GUPPI SAPTOSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: P divisions: pgmi full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini mengambil salah satu faktor penghambat pembelajaran yang dilaksanakan dan digunakan dikelas, dengan tujuan untuk dapat memperbaiki kwalitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi peserta didik.Dengan penerapan Metode diskusi partisipatif untuk meningkatkan minat baca dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang sumber daya alam kelas IV pada MI GUPPI Saptosari. Untuk mengurai permasalahan sebagai dasar penulisan ini penulis menggunakan pokok masalah tentang pelaksanaan pembelajaran sumber daya alam dengan penerapan metode diskusi partisipatif pada peserta didik kelas IV MI GUPPI Saptosari dan pembelajaran dengan penerapan metode diskusi partisipatif dapat meningkatkan minat baca peserta didik kelas IV MI GUPPI Saptosari Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode diskusi partisipatif pada peserta didik kelas IV di MI Legundi, Planjan, Saptosari, Gunungkidul tahun ajaran 2012/2013 dalam prosesnya dilaksanakan dengan menggunakan dua kali siklus pembelajaran dengan hasil penelitian siklus I dari 10 anak yang telah mampu menguasai materi diskusi dengan sempurna ada 2 anak sedangkan yang kurang sempurna dengan segala macam tingkah lakunya ada delapan anak, sehingga bila persentase anak yang menunjukkan kemampuan penguasaian materi diskusi dengan benar 20% sedangkan anak yang kemampuan masih kurang ada 80%. Sedangkan pelaksanaan siklus II ini dari 10 anak yang telah mampu menguasai materi diskusi dengan sempurna ada 9 anak sedangkan yang kurang sempurna dengan segala macam tingkah lakunya ada satu anak, sehingga bila diprosentase anak yang menunjukkan kemampuan penguasaan materi diskusi dengan benar 90% sedangkan anak yang kemampuan masih rendah ada 10%. Pembelajaran dengan penerapan metode diskusi partisipatif dapat meningkatkan minat baca peserta didik kelas IV MI GUPPI Saptosari. Setelah anak melakukan pembelajaran dengan metode diskusi partisipatif, anak termotivasi untuk lebih meningkatkan minat baca yang berkaitan dengan materi sumber daya alam serta mampu melakukan dan menguasai materi diskusi dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran dengan metode diskusi partisipatif dengan menggunakan II siklus, maka menunjukan minat baca anak didik tentang Sumber Daya Alam di MI GUPPI Legundi melalui metode ini mengalami peningkatan walaupun belum bisa maksimal. Hasil penerapan metode diskusi partisipatif di lapangan berkaitan dengan minat baca pada anak dalam proses pembelajaran sumber daya alam di madrasah Ibtidaiyah GUPPI Legundi Saptosari telah dianggap tuntas dengan hasil 90 % anak didik berkembang sesuai dengan harapan dan tujuan pembelajaran dan selebihnya yang 10 % merupakan anak yang memerlukan perhatian kusus dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah (KBM) dari tenaga pendidik. Hal ini karena kemampuan anak tergolong rendah. date: 2013-06-23 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: TATIK MARYATI, NIM. 09481033 (2013) PENERAPAN METODE DISKUSI PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG SUMBERDAYA ALAM KELAS IV MI GUPPI SAPTOSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9249/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9249/2/BAB%20II%2C%20III.pdf