%0 Thesis %9 Skripsi %A SURATMINI, NIM. 09481057 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9252 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T UPAYA PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA UNTUK SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAPPI WIYOKO TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9252/ %X SURATMINI. Upaya PeningkatanMinat Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Sederhana Untuk Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah YAPPI Wiyoko Tahun Pelajaran 2012/2013.Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Tujuan penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa kelas IV MI YAPPI Wiyoko, Yogyakarta pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media sederhana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI YAPPI Wiyoko yang berjumlah 15 anak, yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 9 anak laki–laki. Sedangkan obyek akan diteliti adalah minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi operasi hitung bilangan pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan angket. Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskripsi kuantitatif deskripsi kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar Matematika siswa kelas IV MI YAPPI Wiyoko, dengan menggunakan media sederhana. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal berikut: hasil observasi dari kegiatan pratindakan yang menunjukan presentase 41% yang berada pada rentang nilai 25%-74,99% termasuk pada kategori “kurang” kemudian meningkat pada siklus I menjadi 50,67 %yang berada pada rentang nilai 50%-74,99% termasuk dalam katagori “baik”. Untuk hasil siklus II juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi yaitu menjadi 75,5% yang berada pada rentang nilai 75%-100% termasuk dalam kategori “sangat baik”.Selain itu peningkatan minat belajar siswa juga dibuktikan dengan hasil wawancara dengan siswa yang menyatakan bahwa dengan menggunakan media sederhana siswa merasa senang dan tidak bosan lagi dengan pembelajaran matematika. Hal ini didukung dengan hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran matematika yang mengatakan bahwa minat belajar matematika siswa dari sebelum dan setelah menggunakan media sederhana mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Sebelum menggunakan media sederhana siswa kurang berminat dengan belajar matematika akan tetapi setelah menggunakan media siswa menjadi berminat dan senang untuk belajar matetamika. Kata Kunci: Peningkatan minat belajar dengan media sederhana