@phdthesis{digilib9259, month = {June}, title = {PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG PADA PESERTA DIDIK KELAS IVA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SULTAN AGUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09481031 MUSHOHIHUL KHASANAT }, year = {2013}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9259/}, abstract = {Mushohihul Khasanat, ?Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Pada Peserta Didik Kelas IVA Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sultan Agung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013?. Yogyakarta, Program Studi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Minat belajar memiliki peran yang besar dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. MI Sultan Agung Depok Sleman sebagai salah satu lembaga pendidikan formal berupaya menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang optimal dengan mendayagunakan seluruh sumberdaya yang ada. Demikian halnya dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas IV ditemukan kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan minat belajar peserta didik melalui media bangun ruang dalam pembelajaran matematika dengan tujuan memberikan gambaran penggunaan media bangun ruang untuk mempelajari sifat-sifat bangun ruang sederhana dan peningkatan minat belajar peserta didik terhadap penggunaan media bangun ruang tersebut. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, kuesioner, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil observasi setiap siklus dilakukan penghitungan presentase untuk mengetahui peningkatan minat yang terjadi di kelas yang meliputi observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I adalah sebesar 63,93\% dan pada siklus II sebesar 92,14\%. Berdasarkan hasil tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar peserta didik dalam mempelajari sifatsifat bangun ruang meningkat sebesar 28,21\%. Kata kunci : minat belajar, matematika, media bangun ruang } }