eprintid: 9261 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/00/92/61 datestamp: 2013-09-17 08:15:39 lastmod: 2017-01-31 07:10:38 status_changed: 2013-09-17 08:15:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI SUDARTI, NIM. 08480074 title: NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN RELEVANSINYA PADA ANAK SD/MI ispublished: pub subjects: P divisions: pgmi full_text_status: restricted abstract: SRI SUDARTI, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Anak Sejuta Bintang Dan Relevansinya Pada Anak Tingkat SD/MI. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2013. Penelitian ini didasari atas pentingnya sastra, sastra tidak hanya sebatas sebagai media hiburan saja akan tetapi juga bisa menjadi media pendidikan. Sebagai contoh karya sastra adalah novel. Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa. Novel mempunyai hubungan dengan pendidikan, seperti dalam novel Anak Sejuta Bintang. Novel ini merupakan novel edukasi yang bisa diambil pembelajarannya mengenai akhlak. Mengingat betapa pentingnya akhlak, maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) apa saja nilainilai pendidikan akhlak dalam novel Anak Sejuta Bintang? 2) apa saja metodemetode pendidikan akhlak dalam novel Anak Sejuta Bintang? 3) bagaimana relevansi penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Anak Sejuta Bintang pada tingkat anak SD/MI? Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, artinya data yang dianalisis berbentuk dekripsi dan tidak angka-angka. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pragmatis. Analisis data dengan analisis semiotika. Hasil penelitian menunjukkan, dalam novel Anak Sejuta Bintang terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang meliputi: akhlak kepada Allah (beribadah kepada Allah, berdzikir/mengingat Allah, ikhlas, tawakal, berdoa kepada Allah; akhlak kepada diri sendiri (jujur, amanah, ikhtiar dan pantang menyerah, sabar, pemaaf, malu, syajaah/berani, hemat, tanggung jawab, tawadhuk); akhlak kepada orang lain (bersifat kasih sayang, memuliakan tamu, tolong menolong dan membahagiakan orang lain). Metode yang terdapat pada novel Anak Sejuta Bintang adalah: metode keteladanan, metode nasihat, metode pembiasaan, metode cerita, metode dialog/tanya jawab, metode rewards and punishment, metode mengobarkan semangat, metode pemberian contoh/perumpamaan. Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak pada pembelajaran anak SD/MI adalah bahwa dalam novel tersebut memberikan konsep-konsep mengenai cerita berhikmah yang bisa diambil pelajaran oleh para pendidik mulai dari metode, materi, serta media pendidikan yang dapat diaplikasikan oleh pendidik sesuai dengan usia tingkat SD/MI. Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Pendidikan Akhlak, Novel date: 2013-06-26 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SRI SUDARTI, NIM. 08480074 (2013) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG KARYA AKMAL NASERY BASRAL DAN RELEVANSINYA PADA ANAK SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9261/2/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9261/1/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf