<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n"^^ . "Membahas peran kaum intelektual dalam kehidupan sosiaI selalu\r\nmenarik sepanjang masa. Wacana yang berkembang selalu meluas, dan\r\nmelibatkan para pemikir sosial. Selama ini selalu dikaitkan antara relasi\r\nintelektual dengan negara (kekuasaan), atau selayaknya seperti apa\r\nintelektual itu berposisi dalam kehidupan sosial. Tentunya, ini tidak bisa\r\ndilepaskan dengan dengan karekteristik intelektuaI, yang memiliki\r\ncapital budaya (cultural capital). yang dengan kapasitasnya bisa\r\ndiwujudkan dalam bentuk kapital uang atau kapital politik. Wacana ini\r\nselalu menarik perhatian dalam tradisi intelektual di Barat.\r\nLantas, di dalam Islam (AI Qur'an), term ilmu dan mereka yang\r\nmemiliki ilmu pengetahuan mendapatkan apresiasi yang besar.\r\nSedangkan mereka yang mempunyai ilmu pengetahuan (ulama) disebut 2\r\nkali dalam al Qur'an, surat aI Fathir (35): 28 dan surat as Syu'araa (26):\r\n197. Istilah ini melahirkan pengertian, bahkan tradisi mengenai ulama.\r\nMakna ulama yang ada dalam aI Qur'an seringkali tidak bersesuain\r\ndengan makna yang ada dalam kehidupan keseharian umat. Dalam\r\npengertian keseharian makna ulama disempitkan pad a pengertian orang\r\nyang menguasahi ilmu agama atau fiqh, bahkan dalam konteks\r\nmasyarakat Indonesia dilabelkan pada orang yang mendirikan tau\r\nmempunyai pesantren.\r\nAl Qur 'an menunjukkan bahwa ulama mempunyai arti: Pertama,\r\nmenunjuk para sarjana keagamaan di kalangan Yahudi yang mengetahui\r\najaran kitab suci (ulama Bani Israil). Kedua, golongan yang selalu\r\nbertakwa dan takut kepada Allah, melalui kemampuannya memahami\r\nberbagai gejala alamo Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan\r\nkeutamaan ulama, sebagai pewaris para nabi, yang menghidupkan tauhid\r\n(agama) dengan segala implikasinya.\r\nMemperbincangkan peran ulama tidak bisa dilepaskan dari,\r\nkapasitasnya sebagai pemegang otoritas ilmu pengetahuan, dan\r\nkeistemewaannya sebagai pewaris para nabi. Peran itu diisyaratkan al\r\nQur 'an; Pertama, mengembangkan ilmu pengetahuan. Ini merupakan\r\ntugas dasar para ulama, untuk memahami ilmu Tuhan, gejala alam, dan\r\nlingkungan sosialnya. Kedua, memelihara agama, sebagai pewaris para\r\nnabi sebuah keniscayaan untuk menjaga tauhid, yang menjadi esensi\r\najaran agama Ilahi. Menegakkan kebenaran dan keadilan, ini merupakan\r\nimplikasi kapasitasnya sebagai pemegang ilmu pengetahuan, untuk\r\nmenjadi penjaga moralitas kehidupan umat. Dan keempat,\r\nmemberdayakan umat, rru implikasi lebih lanjut dari berilmu\r\npengetahuan. Ilmu pengetahuan yang dimiIiki ulama mesti mempunyai\r\norientasi pada kehidupan urnat yang lebih baik. Tentunya persyaratannya\r\nadalah tumbuhnya potensi urnat dalarn semua aspek kehidupan.\r\n\r\n"^^ . "2001-08-16" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 92531295"^^ . "M SHOIM"^^ . "NIM. 92531295 M SHOIM"^^ . . . . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Text)"^^ . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN\r\n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9376 \n\nPERAN ULAMA DALAM AL-QUR' AN \n( SEBUAH KAJIAN TEMATIK ) \n\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .