<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n"^^ . "Dalam al-Qur'an, salah satu masalah yang banyak diungkap adalah ahl sl .\r\nldtib. Dari 31 ayat yang jelas-jelas menggunakan istilah ahl sl-kitiib. uniknya ada'\r\n27 ayat di antaranya mernandang ahl a1-kitab sangat kritis. Sisanya (yakni 4\\\r\n!ayat) yang secara apresiatif dan sirnpatik rnelihat eksistensi kehadiran mereka\r\nsebagai komunitas sosio-religius.\r\nSecara umum, dari gambaran al-Qur'an tentang ahl sl-kitsb menjadi legis]\r\n: kiranya, jika para sarjana muslim klasik mengidentifikasi istilah ahi al-ldtab\r\n: kepada umat Yahudi dan Nasrani, atau salah satu dari keduanya. Betapapun ada\r\n\\ beberapa sarjana lain yang berusaha memasukkan umat Majiisi dan Sabiiin dalam:\r\n, definisi ini. Bahkan di luar Yahudi, Nasrani, Majusi, Sabiun masih ada kelompok]\r\nlain yang tennasuk ahl al-ldtab, yakni Hindu, Budha, Kong Fu Tse dan Shinto.\r\nMenurut sejarah, perdebatan seputar masalah cakupan balasan ah1 81-\\\r\nldtab rnengalami perkembangan pada masa Tabi'In. Lalu bagaimana dengan'\r\npandangan 'Abduh dan Riga yang merupakan penulis serta penyusun kitab tafsir]\r\nel-Msner yang nota benenya seorang mufasir kontemporer dan merupakan tokoh'\r\npembaharu?\r\nDalam hal ini, 'Abduh menjelaskan bahwa sh! a/-ldtab mencakup'\r\npenganut agama Yahudi, Nasrani dan Sabiun. Sedangkan Rida menegaskan]\r\ndalam tafsir sl-Msasr nya bahwa Majusi, Sabiun tennasuk ahl al-kitsb , bahkan'\r\ndi luar it u dia memasukkan kelompok Hindu, Budha, Kong Fu Tse dan Shinto. \\\r\nAlasannya adalah bahwa kontak nabi dan para sahabat dengan umat Yahudi\r\nNasrani jauh lebih intens dibanding dengan umat-umat lain. Karena itu, kalaupun'\r\nal-Qur'an tidak menyebutkan secara eksplisit umat-umat beragama lain di luar\r\nJazirah Arab it u agaknya bisa dipahami hubungan Madinah sebagai pusat\r\nperadaban Islam belum menjangkau daerah-daerah non Arab lain sepert i India\r\ndan Cina. Hal ini untuk menghindari kesan igrab (penyataan asing). Karena pada\r\nwaktu itu-orang-orang Arab memang belum familiar dengan tanah India, Jepang\r\natau Cina.\r\nDi sampingitu dukungan teologis unt uk melihat sisi baik komunitas ahl\r\nal ldlab dapat dilihat dalam surat ali Imran ayat 113-115. Dad ayat inilah\r\n'Abduh rnembagi sbl sl-kitsb menjadi dua kelompok: mereka yang beriman'\r\n,(jumlahnya sangat sedikit) dan mereka yang tdsiq (jumlahnya besar). Untuk\r\n•memperkuat argumentasinya, 'Abduh mengutip sebuah hadis Qatadah yang\r\nmenerangkan bahwa tidak semua ahl al-kitiib itu merugi dalam pandangan\r\nTuhan, ada sebagian ahi ai-ldtab yang baik (iaisa kulJu a/ qaum haiak qad kana ti:\r\nhim beqiyysbi.\r\nAdapun kriteria keirnanan bagi ahl al-ldtab menurut Rida dalam sl-\r\nMsnsr ada 5 sifat. Di antaranya: Iman kepada Allah, Iman kepada apa yang\r\ndiwahyukan pada Muhammad. Iman kepada apa yang diwahyukan kepada nabinabi\r\nmereka, khusyu': yang merupakan hasil dari Iman yang sahih, dan yang\r\nterakhir tidak memperjual belikan ayat-ayat Allah dengan kepentingan dunia.\r\n"^^ . "2003-06-26" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 98532565"^^ . "MAMLUATUL KAROMAH"^^ . "NIM. 98532565 MAMLUATUL KAROMAH"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Text)"^^ . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENAFSIRAN AHL AL KITAB\r\nDALAM TAFSIR AL MANAR\r\n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9378 \n\nPENAFSIRAN AHL AL KITAB \nDALAM TAFSIR AL MANAR \n(STUDI DESKRIPTIF ANALITIK) \n\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .