<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n"^^ . "Kajian tentang \"Teguran al-Qur'an (ai- 'itab) Kepada Nabi Muhammad dalam\r\nTatsir al-tabari dan tafsir fi zilal al-Qur'an\" ini berusaha untuk mengetahui\r\nperbedaan maupun persamaanpenafsiran al-Tabari dan Sayyid Qutb, yang setting\r\nkehidupannya berbeda, terhadap ayat teguran kepada Nabi saw .\r\nAl-Tabari adalah mufasir yang hidup pada abad 9 M mewakili kalangan\r\nmufassir klasik dan tradisional. Sedangkan Sayyid Qutb sebagai mufassir yang hidup\r\npada abad 20 M mewakili kalangan mufassir kontemporer.Perbedaan waktu hidup\r\nmereka yang begitu jauh sangat mcmungkinkan adanyaperbedaan pola pikir antara\r\nkeduanya yang disebabkan oleh adanya pergeseran 'nilai dan peradaban dalam\r\nrentang waktu yang berbeda tersebut. Sehingga hal itu akan berpengaruh juga dalam\r\npenafsiran rnereka terhadap ayat-ayat teguran kepada NabiMuhammad saw .. Dari\r\nsini muncul permasalahan bagaimana keduanya menafsirkan ayat-ayat tersebut serta\r\napa persamaan dan perbedaan antara kedua penafsiran dari sisi metode dan substansi\r\npenafsirannya.\r\nDengan mengkomparasikan kedua penafsiran tersebut, maka dapat diketahui\r\npersarnaan maupun perbedaan antara keduanya. Baik dari sisi metode maupun\r\nsubstansi penafsirannya.\r\n Dari sisi metode penafsiran, keduanya sarna-sama menggunakan metode\r\ntahlili dan berusaha menggabungkan antara bentuk tafsir bi al-ma'surdan bi al-ars'y.\r\nNamun dalam penafsiran al-Tabari lebih dominan hi al-me'sur; penggunan rs'y\r\nhanya sebatas kajian dari sudut bahasa yang terkadang ia gunakan untuk menilai\r\npendapat para ulama' yng juga didasarkan pada riwayat hadis. Corak penafsirannya\r\ntemasuk corak me'snr. Sedangkan penafsiran Sayyid Qutb lebih dominan\r\nmenggunakan ra'y, penggunaan riwayat hanya sebatas pada riwayat yang sudah\r\nterkenal di kalangan ulama dan masyarakat, corak penafsirannya termasuk adabi\r\nijtime'I dan hstski. Hal itu berpengaruh pada substansi penafsiran mereka.\r\nDati sisi substansi penafsiran keduanya sarna-sarna mengakui bahwa\r\nmunculnya ayat 'itsb tersebut berkaitan dengan kesalahan yang dilakukan Nabi.\r\n'Ism sh Allah kepada heliau berlaku jika beliau hendak menyeleweng dati apa yang\r\ntelah diwahyukan kepadanya. Namun penafsiran al-Tabari hanya menjelaskan\r\npcrbuatan Nabi yang menjadi sebab beliau ditegur oleh Allah. Sedangkan penafsiran\r\nSayyid Qutb lebih diarahkan kepada pemecahan problem masyarakat kontemporer,\r\nyaitu dengan penegakan keadilan (al-Nisa': 105), larangan memberikan takrim\r\nkepada orang munafik (al-Tesbah: 4), larangan untuk sombong, ujub, dan\r\nmembangga-banggakan diri (Ali 'Imran: 128), hanya mendasarkan tata nilai dan\r\nnorma-norma kepada Kalam Ilahi (' Abasa: 1-11), dan tak ada kompromi dalam\r\ndakwah (al-Isra': 73-75).\r\n"^^ . "2003-06-10" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 96532212"^^ . "M. NURYASIN ASYAFI'I"^^ . "NIM. 96532212 M. NURYASIN ASYAFI'I"^^ . . . . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Text)"^^ . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "TEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD\r\nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9382 \n\nTEGURAN AL-QURAN(AL- ‘ITAB) KEPADA NABI MUHAMMAD \nDALAM TAFSIR AL-TABARI DAN TAFSIR FI ZILAL AL-QUR 'AN \n\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .