<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n"^^ . "Al-Qur’anmerupakan kitab yang menjadi pandangan hidup bagi umat Islam.\r\nOleh karenanya keberadaannya di tengah umat Islam sangatlah penting. Narnun\r\ndemikian tidak dapat dinafikan bahwa pada dasarnya al-Qur’an adalah teks\r\nbahasa 'yang memiliki struktur umum sebagaimana teks lainnya. Pertanyaannya\r\nadalah bagaimana kemudian umat Islam seyogyanya membaca al-Qur'an sebagai\r\nteks dan sekaligus mampu mengungkap rahasia di balik tanpa menghilangkan\r\notoritasnya sebagai teks wahyu. Adalah 'Ali Harb -seorang pemikir Lebanon menawarkan\r\nsebuah metode yang disebutnya dengan \"kritik teks\" (Naqd Al-Nass).\r\nMetode inilah yang kernudian dikaji dalam skripsi ini, yaitu bagaimana\r\npemikirannya tentang teks, serta kritik teks sebagai sebuah metode pembacaan ?\r\nDan bagaimana rekonstruksi kritik teks terhadap al-Qur'an dan met ode\r\npernbacaan yang dihasilkannya?\r\nPenelitian ini merupakan penelitian literer yang surnber utamanya adalah karya\r\n'Ali Harb yaitu Nsqd a1-Nass,Naqd a1-Haqiqah, A1-Ta'wi1 wa a1-Haqiqah serta\r\nAs'ilah a1-Haqiqah. Adapun metode pendekatan yang digunakan adalah\r\ndeskriptit-analitik: Untuk menjabarkan bagaimana kritik teks serta apa yang ada\r\ndi balik metode ini maka pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah\r\nfenomenologis.\r\nBerdasarkan penelitian diketahui bahwa kritik teks merupakan salah satu cara\r\nyang banyak dilakukan oleh para ilmuwan dalarn rangka membaca' sebuah teks.\r\nMembaca dalam arti yang luas dapat dikatakan sebagai aktivitas memahami atau\r\nmenafsirkan. 'Aft Harb melihat bahwa pembacaan terhadap sebuah teks harus\r\ndimaksudkan untuk mengungkap apa yang belum dibaca sebelurnnya (qiri'atu\r\nma' lam yuqra'). Jika sebuah pembacaan masih sarna dengan bent uk lahir teks\r\natau sarna dengan yang telah ada dan tidak memunculkan sebuah maknalmetode\r\nyang baru maka sarna halnya dengan melakukan pembacaan yang mati (al-\r\nQiri'ah al-Mayyitah) atau bahkan belurn dapat dikatakan sebagai sebuah\r\npambacaan (a1-Laqiri'ah). Sebagai solusinya 'Ali Harb menawarkan tiga strategi\r\npembacaan (a1-lstiratijiyyah a1-Musal1asah) yang berjalan secara scrkular yaitu\r\nfafslr (interpretasi), fa'wl1 (hermeneutika) dan tafh:K(dekonstruksi). Sehingga\r\nakan tercapai proses pembacaan yang dinarnis, kreatif dan produktif tanpa\r\nmcngurangi otoritas tcks asal, Untuk mewujudkan pcmikirannya ini ia\r\nmcncmpatkan tcks tcrlepas dari pengarangnya (author) schingga yang berperan\r\nadalah dialog antara teks dan pembaca. Kernudian ia menggunakan pendekatan\r\nIcnomenoiogi sebagaimana yang dilakukan oleh Ricoeur yaitu dengan\r\nmenggabungkan teori hermeneutika-nya Gadarner serta strukturalisme Ricoeur\r\nscndiri. Dari sini diharapkan muncul sebuah pembacaan yang lebih banyak membicarakan bagaimana membaca teks secara tepat, sesuai dengan riih. teks dan\r\ntidak memperbincangkan pembacaan yang objektif/subjektif maupun benar/salah.\r\nJika metode di atas di tarik ke dalam teori pembaeaan teks al-Qur'aii, maka bagi\r\n'All Harb langkah awal yang mesti diambil adalah dengan mencmpatkan al-\r\nQur'aii sebagai teks bahasa. Karena sebenamya Al-Qur’andibangun atas susunan\r\nkata, kalimat yang mengandung makna dan signifikansi tertentu. Atau karen a\r\nkeberadaan Al-Qur’anpada awal turunnya merupakan realitas metstoris-simbolik:\r\nDengan demikian al-Qur' an tidak dipandang sebagai teks \"suci' yang tidak bisa\r\ndisentuh oleh pernikiran-pemikiran dari luar dirinya. Dengan ini pula maka alQur'aii\r\nmenjadi sebuah teks terbuka untuk dikaji dan terbuka bagi masuknya\r\nberbagai jenis metode pendekatan. Langkah berikutnya adalah menentukan\r\nmetodologi pendekatan. Ali harb menjelaskan walaupun al-Qur'an merupakan\r\nteks bahasa narnun demikian membaeanya dengan menggunakan met ode\r\nlinguistik semata artinya menghalangi al-Qur'an untuk membiearakan dirinya\r\nseeara terbuka. Yang terakhir tidak bisa dilupakan bahwa pembaca juga memiliki\r\nperan yang signifikan dalam menentukan makna sebuah teks. Dari sini bisa\r\ndisimpulkan .bahwa 'All Harb dalam membaca al-Qur' an lebih menawarkan\r\nsebuah metode tafsir analitis (taJ;b7I)dalam pengertian ghoiru mus,h.a/l\r\n"^^ . "2003-12-17" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 97532453"^^ . "MOH. HAMDAN RIFA'I"^^ . "NIM. 97532453 MOH. HAMDAN RIFA'I"^^ . . . . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Text)"^^ . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . . "KRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB\r\n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK )\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9385 \n\nKRLTIKTEKS: STUDI ATAS MODEL PEMBACAAN 'ALI HARB \n( SEBUAH KAJIAN HERMENEUTIK ) \n\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .