<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n"^^ . "Perkembangan pemikiran yang paling berpengaruh dalam sejarah adalah\r\nsetelah runtuhnya dominasi agama (gereja) di Eropa, yang memunculkan\r\npemikiran-pemikiran dan paham-paham sekuler sebagai-im'&s dari 'perseteruan'\r\npanjang antara agama dan ilmupengetahuan. \"11mu pengetahuan dan teknologi\r\nkemudian menciptakan peradaban yang memandang manusia secara reduktif dan\r\ntidak utuh. Aktifitas manusia lebih kental dengan pemenuhan kebutuhankebutuhan\r\nmaterial dan hampir dalam semua bidang kehidupan-termasuk ilmu\r\npengetahuan dan kehidupan beragama-manusia terlalu terlibat dalam detaildetail\r\nyang menghaIanginya untuk memahami kehidupan secara holistik.\r\nKarena itulah gagasan kecerdasan spiritual yang memiliki ciri pemahaman\r\nholistik sebagai kemampuannya menjadi siginifikan untuk dikembangkan. Untuk\r\nmengembangkan gagasan kecerdasan spiritual penulis meneliti penafsiranpenafsiran\r\nFazIur Rahman yang selalu mengacu pada tujuan-tujuan dasar\r\npewahyuan al-Qur'an dalam menafsirkan ayat-ayatnya demi mendapatkan\r\npemahaman yang bersifat holistik. Metode penelitian yang digunakan adalah\r\ndeskriptif-analitik.\r\nDari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa dalam penafsiranpenafsiran\r\nRahman terdapat gagasan kecerdasan spiritual dan aplikasi-\r\naplikasinya. Dalam gagasan kecerdasan spritualnya Rahman menyebutkan tiga\r\npotensi inhem manusia yang saling-bergantung, yaitu: 1) fitrah yang merupakan\r\ndasar penciptaan manusia, di manafi!rah manusia identik dengan niIai-nilai dalam\r\nagama (ai-islam), 2) hati nurani yang merupakan kemampuan asaIi manusia\r\ndalam membedakan yang baik (taqwd) dan buruk lfujiir), dimana ia memiliki\r\nkecenderungan terhadap kebaikan dan selalu memberi pertimbangan kepada\r\nmanusia, 3) tensi moral yang merupakan kerangka-kerja perbuatan manusia yang\r\ndiberikan oleh Allah. Tensi moral dalam diri manusia memiliki sifat yang saling\r\nbertolak-belakang secara ekstrim.\r\n. Dalam aplikasi-aplikasi kecerdasan spiritual demi mengembangkan\r\npotensi-potensi inhem tersebut, Rahman menekankan tiga hal, yaitu: 1) manusia\r\nharus menyadari tujuan dasar hidupnya yaitu menjadi khalifah Allah. Kesadaran\r\nbertujuan inilah yang menurut Rahman menjadi acuan awal bagi perjalanan\r\npanjang perjuangan moral manusia, 2) manusia harus secara terus-menerus\r\nmenjaga keseimbangan di antara tensi-tensi moralnya. Kesimbangan antara tensitensi\r\nyang berlawanan inilah yang disebut Rahman dengan taqwa, dimana ibadah\r\nyangtelah diatur dalam agama adalah dalam rangka untuk menjaga keseimbangan\r\nantara tensi moral tersebut, 3) manusia harus selalu mengingat Allah (zikr al-Lah)\r\ndi mana menurut Rahman \"adanya\" Allah dalam ingatan manusia memberi arti\r\ndan menjaga kesadaran bertujuan manusia. Agar manusia tidak terhambat secara\r\nspiritual manusia, menurut Rahman, harus waspada pada dua hal, yaitu: 1)\r\nkelemahan-kelemahan dasar manusia, da f dan qatr, dan 2) setan yang sejak\r\npenciptaan Adam telah menjadi sebuah kekuatan anti-manusia sehingga ia selalu\r\n...berusaha menjerumuskan manusia pada kesesatan.\r\n"^^ . "2003-07-24" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 95532028"^^ . "MUBTAR AHMAD"^^ . "NIM. 95532028 MUBTAR AHMAD"^^ . . . . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Text)"^^ . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "GAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM\r\nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN\r\nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9392 \n\nGAGASAN KECERDASAN SPIRITUAL DALAM \nPENAFSlRAN FAZLUR RAHMAN \nATAS AYAT-AYAT AL-QUR' AN \n\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .