%0 Thesis %9 Skripsi %A Candra Ratnasari, NIM. 09220035 %B FAKULTAS DAKWAH %D 2013 %F digilib:9454 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Karakter Siswa, dan Bimbingan dan Konseling %P 126 %T LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Studi Penerapan Bimbingan dan Konseling di MAN Yogyakarta II) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9454/ %X Persoalan yang terjadi pada peserta didik di era modernisasi tampaknya semakin kompleks. Kondisi ini dapat dilihat dari berbagai fenomena yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat. Sebagai contoh yang terjadi pada perilaku atau sikap para remaja saat ini dapat dilihat dengan adanya berbagai berita kasus kenakalan remaja yang dilakukan oleh parapelajar seperti tawuran antar pelajar, penggunaan narkotika, dan seks bebas. Mengatasi kejadian tersebut perlu diberikan penanaman karakter kepada anak-anak dan remaja harus dilakukan sedini mungkin. Sekolah merupakan salah satu sarana yang mampu atau menjadi peran utama dalam membentuk karakterkarakter siswa. Karena kegiatan anak-anak dan remaja banyak dihabiskan di sekolah. Bimbingan dan Konseling adalah bagian integral dalam mengawal kebijakan di sekolah dan berperan terhadap pengembangan seluruh aspek kepribadian siswa serta pencegahan terhadap timbulnya masalah yang akan menghambat perkembangannya. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Penerapan Layanan Bimbingan dan Konseling di MAN Yogyakarta II dalam membentuk karakter siswa. Metode dalam penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan berbagai data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode interaksi dengan tahap-tahap mengumpulkan data, reduksi data, analisis dan penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian dari MAN Yogyakarta II adalah tahapan pertama yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter siswa adalah melalui proses perencanaan, tahapan kedua adalah layanan yang diberikan terdiri dari layanan orientasi, layanan informasi, layanan bimbingan dan konseling kelompok dan layanan individu. Tahap selanjutnya adalah tahap evaluasi dan tindak lanjut yang terdiri dari proses penerapan dari seluruh pelaksanaan yang mencakup penilaian hasil layanan dan evaluasi pengembangan layanan. Kata kunci : Karakter Siswa, dan Bimbingan dan Konseling