@phdthesis{digilib9564, month = {July}, title = {STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH WONOYOSO KEBUMEN}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { NIM. 98423947 MARWATI ENDRAYANI }, year = {2003}, keywords = {Pendidikan Bahasa Arab, pendidikan Hadits}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9564/}, abstract = {Dua sumber hukum Islam, yaitu al-Qur?an dan Hadits turun dan ditulis dengan Bahasa Arab. Bagi siapapun yang ingin memperdalam atau mempelajari agama Islam, penguasaan Bahasa Arab merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi. Tanpa penguasaan terhadap Bahasa Arab mustahil akan dapat memahami ajaran Islam dari sumbernya yang asli. Oleh karena itu Bahasa Arab menjadi salah satu pelajaran yang wajib diajarkan di madrasah, termasuk di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wonoyoso Kebumen. Skripsi ini mengkaji persoalan tentang apakah ada korelasi antara prestasi belajar Bahasa Arab terhadap prestasi belajar hadits siswa siswi di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wonoyoso Kebumen terutama siswa siwi Kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test, observasi, interview, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa prestasi belajar Bahasa Arab pada siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wonoyoso Kebumen mencapai taraf baik, dengan nilai rata-rata 66,8 atau 6,7. Prestasi siswa dalam bidang studi hadits pun dianggap baik dengan nilai rata-rata 6,9. Kedua, bahwa antara prestasi belajar Bahasa Arab dan Hadis pada siswa kelas II tahun ajaran 2002/2003 terdapat korelasi positif yang signifikan, artinya, tinggi rendahnyanilai prestasi belajar Bahasa Arab dan prestasi Hadits siswa kelas II Madrasah Tsanawiyah Salafiyah tahun 2002/2003 dipengaruhi oleh tinggi rendahnya prestasi belajar Bahasa Arab. Oleh karena itu hipotesis alternative diterima dan hipotesis nol ditolak. } }