%0 Thesis %9 Skripsi %A MUCHAMAD HASAN , NIM. 98413823 %B Fakultas Tarbiyah %D 2003 %F digilib:9574 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Pendidikan, Akhlak, Kisah dalam Al Qur’an, Alqur’an, Anak. %T PENDIDIKAN AKHLAK BAGI ANAK MELALUI KISAH DALAM AL QUR’AN, %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9574/ %X Kisah-kisah dalam al-Qur’an adalah butir-butir kisah yang menyimpan makna yang agung dengan tujuan tinggi dan mulia, terutama pendidikan akhlak, akan tetapi tidak sedikit generasi sekarang yang meninggalkan nilai-nilai pendidikan melalui kisah-kisah dalam al Qur’an, khususnya dalam aspek akhlak (moral). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan moral (akhlak) anak, pentingnya akhlak, serta upaya perkembangan metodologi pengajaran akhlak melalui kisah-kisah dalam al Qur’an bagi pendidikan akhlak anak. Jenis Penelitian ini yang penulis lakukan merupakan penelitian lapangan (library research). Adapun teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa data, penulis menggunakan metode induktif, deduktif dan komparatif. Setelah pengumpulan dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Proses perkembangan moral diklasifikasikan menjadi 3 tingkat, yaitu tingkat pra konvensional, konvensional dan pasca konvensional. Tahap-tahap dalam tingkat moralitas antara lain: a)memerhatikan ketaatan dan hukum, b) memperhatikan pemuasan kebutuhan, c) memperhatikan hukum dan peraturan, d. Memperhatikan hak perseorangan, e) memperhatikan prinsip-prinsip etik.2) kisah-kisah dalam al Qur’an pada dasarnya cukup relevan sebagai refleksi atas keadaan moral anak. Kisah dalam al Qur’an dengan berbagai kelengkapan isi dan kandungannya akan sangat membantu dalam merintis tumbuhnya anak dengan kepribadian yang terpuji, menuju kebahagiaan dunia dan akhirat yang merupakan tujuan dari pendidikan Islam khususnya pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak bagi anak sebagai unsur esensi dalam pembentukan kepribadian yang disampaikan melalui peniruan dalam pengajaran, pembiasaan, cerita bacaan, maupun dengan pengalaman langsung dalam kehidupan sehari-hari. 3) mendidik akhlak anak melalui kisah dalam al Qur’an perlu diperhatikan prinsip-prinsip pengajaran pada anak, serta didukung penggunaan metodologi yang tepat. Diantara metode yang bersifat aplikatif operasional yaitu: metode induktif, metode riwayat, metode membaca, dan metode dialog.