TY - THES ID - digilib9581 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9581/ A1 - MUHAJIRIN , NIM. 98423784 Y1 - 2003/04/09/ N2 - Pembelajaran merupakan dua aktivitas yang saling mempengaruhi, yaitu terjadinya proses belajar mengajar. Hakekat belajar yang sesungguhnya adalah proses perubahan tingkah laku dalam diri individu yang mencakup semua aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tanpa ranah kognitif sulit dibayangkan seorang siswa dapat berfikir kedepan, tanpa kemampuan berfikir mustahil siswa dapat memahami dan meyakini faedah pelajaran-pelajaran yang diberikan kepada siswa, apalagi pelajaran bahasa, khususnya pelajaran bahasa Arab dimana dalam mempelajari bahasa Arab diperlukan kemampuan-kemampuan kognitif guna memperoleh pemahaman bahasa. Metode Penelitian yang digunakan adalah Metode Penentuan Subyek, Pengumpulan datanya dengan metode Observasi, Angket, Wawancara dan dokumentasi, sedang Metode Analisa Datanya adalah Analisa Kuantitatif dan Kualitatif. Kesimpulan dari penulisan ini adalah dalam proses pembelajaran bahasa Arab, guru menggunakan pendekatan komunikatif, sedang metode yang digunakan metode eklektik, dan dalam rangka meningkatkan kemapuan atau kecakapan kognitif, guru telah mengembangkan aspek-aspek kecakapan kognitif PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Kecakapan kognitif KW - Pembelajaran Bahasa Arab M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN KECAKAPAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA I AV - restricted ER -