<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID"^^ . "Dalam penelitian ini penulis berusaha mengungkap\r\npemikiran teologis Nurcholish Madjid yang ada\r\nkaitannya dengan pluralisme, sebagai jawaban ternadap\r\ntantangan modernitas yang plural. Nurcholish adalah\r\nsalah seorang pemikir Islam Indonesia. Ia berusaha\r\nmenaf sirkan kembali rriakria tauhid sebagai dasar\r\nterpenting dalam tatanan kehidupan. keagamaan umat\r\nmanusia . Dan dari penelit-ian ini nantinya t-ersinqkap\r\nbahwa gurcholish, secara intelektual berhasil\r\nmernadukan antara makna tauhid dan nilai-nilai\r\npluralitas agama. Sehingga ia sangat optimis terhadap\r\nmasa depan pluralisme agama yang terbingkai dengan\r\nnilai-nilai agama.\r\nKarena itu dibutuhkan agenda intelektual untuk\r\nmelakukan redefinisi, reformulasi dan reinterpretasi\r\nagama (Islam) dan mencari relevansinya dengan\r\nkehidupan dan tantangan yang dihadapi manusia. Hal ini\r\nbisa dilakukan apabila agama dijadikan sebagai wacana\r\nkemanusiaan yang terbuka dan siap berhadapan dengan\r\npersoalan baru dan penafsiran baru pula.\r\nMenurut Nurcholish, pesan dasar semua aqama yanq\r\nbenar adalah sama, yaitu mengesakan Allah (at- Tauhid)\r\ndan bersikap pasrah terhadap-Nya ( a l - l s l d r n ) . Karena\r\nitu beragama tanpa sikap pasrah kepada Allah, Tuhan\r\nYanq Maha Esa, dengan sendlrlnya, adalah palsu. Maka\r\nberiman kepada Allah dan bersikap pasrah kepada-Nya\r\nada :ah sebagal titik temu, common flatform, atau\r\n\"kalimah sawa'\" antar agama. Allah adalah sumber\r\nkebenaran rnutlak, maka cara beragama yang baik adalah\r\ndengar) dllandasi oleh semangat pencarjan kebenaran\r\n( a1 -Handfiyyah a1 -Samhah) yang lapang, terbuka dan non\r\nsektarian. Tni berarti bersikap optimis kepada\r\nmanusia. Karena setiap manusla punya pot-ensi unt-uk\r\nbenar dan menghormati terhadap pluralisme karena\r\nsetiap orang mempunyai caranya sendiri untuk\r\nmenghayati kebenaran itu, dengan seqala\r\nketerbatasannya.\r\nBegitu juga dengan prinsip universalisme Islam,\r\ndengan memberi makna al-islam secara yenerik yaitu\r\npasrah terhadap Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan\r\nlandasan teologi baru yang kukuh terhadap pluralisme\r\nbagi kehidupan keagamaan dl Indonesia.\r\nDari pemahaman makna at- konsep\r\nuniversalisme Islam akan membawa pada penyertian bahwa\r\npluralisme agama adalah Sunnatullah yany telah\r\nditet.apkan kepada manusia . Beqitu juga akan membawa\r\npada pemahaman kita terhadap konsep ahli kitab. Dimana\r\nyang termasuk ahli kitab tidak hanya untuk Yahudi dan\r\nNasrani, tetapi juga agama-ayama yang lain.\r\nSelain itu, Nurcholish juqa menganjurkan terhadap\r\numat Islam di era modern ini untuk melihat kembali\r\nsejarah Islam dan mengambil inti sari dari sejarah itu\r\nsendiri"^^ . "2003" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 97512345"^^ . "FIHIF DHILLAH"^^ . "NIM. 97512345 FIHIF DHILLAH"^^ . . . . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Text)"^^ . . . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Text)"^^ . . . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Other)"^^ . . . . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Other)"^^ . . . . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Other)"^^ . . . . . . "PLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9601 \n\nPLURALISME AGAMA DALAM PANDANGAN NURCHOLIS MADJID\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Agama"@en . .