<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour)"^^ . "Sains dan agama selalu dianggap sebagai dua wiiayab yang saling bertolak\r\nbelakang dan bahkan berkonflik. Kedua wilayah ini memang terlibat aktif dalam upaya\r\nmenjawab asal-usul dm tujuan manusia serta sem& ini. Sains menarik jawabannya\r\ndari wahyu dan intuisi sedangkan sains mendasarkan keyakinannya pada rasio dan\r\npenalarm ilmiah. Kalaupm ada upaya-upaya dari sains dan agama untuk berdamai, ia\r\ntak lebih dari sekedar sikap saling menghormati masing-masing wilayah.\r\nApakah hubungan keduanya selalu berkonflik, berdialog dan independen satu\r\nsama lain? Dalam kaitan ini saya kira relevan untuk mempertimbangkan tawaran yang\r\ndibeaikan oleb Ian Barbour, seorang guru besar di bidang fisika dan juga teologi pada\r\nCarleton College. Dalam upaya memetakan sikap antara ilmuwan dm teolog terhadap\r\nsains, Ian membaginya ke dalam empat tipologi.\r\nPertama, konfik, para penafsir harfiah kitab suci percaya bahwa teori evolusi\r\nbertentangan dengan keyakinan agama. Ilmuwan ateis mengklaim bahwa bukti-bukti\r\nilmiah atas teori evolusi tidak sejalan derxgan keirnanan. Dua kelompok ini bersepakat\r\nbahwa orang tidak mempercayai Tuhan dan evolusi secara sent& kendati merekn\r\ntidak bersepakat dalam hal yang mereka yakini. Bagi mereka agama dan sains\r\nbertentangan.\r\nKedua, independensi, pandangan alternatif ini menyatakan agama dan sains adaiah\r\ndua domain yang independen yang dapat hidup bersama sepanjang memperkhdan\r\n\"arak aman\" satu sama lain. Menurut pandangan ini, semestinya tidak ada konflik antar\r\nkeduanya sebab keduanya berada dalm domain yang berbeda.\r\nKetiga, dialog. Salah satu bentuk dialog adalah dengan membandingkan metode\r\nkedua bidang ini yang m a t menunjukkan kemiripan dan perbedam. Misalnya model\r\nkonseptual dan analogi dapat dipergunakan untuk menggambarkan hal-hal yang tidak\r\ndapat diamati secara langsung (misalnya Tuhan dan patikel subatom). Dialog dapat\r\nberlangsung ketika sains menyentuh persoalan di luar wilayahnya sendiri.\r\nKeempat, integrasi. Kemitraan yang lebih sistematis dan ekstensif antara sains dan\r\nagama terjadi di kalangan yang mencari titik temu keduanya. DaIam natural teulogy\r\ntelah dikeazal tradisi panjang seputar bukti ilmiah keberadaan Tuhan. Belakangan,\r\nastronom berargumen bahwa tetapan fisika di alam sernesta dini tarnpaknya dirancang\r\nsedemikian cermat. Beberapa ilmuawan berangkat dari tradisi kegmaan tertentu dan\r\nberagurnen bahwa beberapa keyakinannya dapat dirumuskan kembali dengan penjelasan\r\nilmiah. Oleh Ian G. Barbour pendekatan semacam ini disebut theology of natural yang\r\ndibedakan dengan natural Iheology yaitu argumen yang seniata didasarkan kepada teoriteori\r\nsains. Alternatifhya, sistem filisofis seperti filsafat proses dapat digunakan uti~t~k\r\nmenafsirkan pemikiran ilmiah dm keagamaan dalam kerangka konseptual bersama. Dan\r\nIan menegaskan bahwa dirinya sangat bersimpati pada dua pendekatan terakhir.\r\nIntegrasi ilmu memang tidak mungkin dilakukan hanya dengan mengumpulkan\r\ndua himpunan keilmuan yang mempunyai basis teoritis yang sama sekali berbeda.\r\nIntegrasi hanya dapat dimungkinkatl jika disertai upaya mengintegrasikan hingga\r\ntingkat epistemologis. Narnun agaknya lnodei inte-i yang ditawarkan Ian Barbour\r\ntelah malewati hat ini. Sebab di sana telah diasumsikan kebalaran agalna &an sains\r\nsama-sama diakui. Yang diperlukan liemidian adalah keterbukm sikap baik dnrj pas\r\nteolog (agamawan) dan ilmuwan untuk mel~kxtkanh a1 tersebut."^^ . "2003" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 96512316"^^ . "Heri Hidayanto"^^ . "NIM. 96512316 Heri Hidayanto"^^ . . . . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Text)"^^ . . . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Text)"^^ . . . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Other)"^^ . . . . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Other)"^^ . . . . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Other)"^^ . . . . . . "Sains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9604 \n\nSains dan Agama (Studi terhadap Relasi Sains dan Agamn dalam Pemikiran Ian G. Barbour)\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .