@phdthesis{digilib9605, title = {Kehidupan Beragama Islam Anak-anak Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhu'afa Putra Muhammadiyah, di Ringinsari, Bokoharjo, Prambanan Sleman Yogyakurta}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = {NIM. 98522681 Iim Primayanti}, year = {2003}, note = {Pembimbing 1 : Drs. H. Subagyo, M.Ag. Pembimbing 2 : Ustadi Hamzah, S.Ag.}, keywords = {Kehidupan Beragama Islam, Anak-Anak, Panti Asuhan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9605/}, abstract = {Masalah anak yatim akan terns dipertanyakan hingga akhir zaman, munculnya anak-anak yatim banyak disebabkan oleh bencana alam dan peperangan, seperti yang kita saksikan yang terjadi di sekeliling hta, banyak anak-anak yang berkeliaran di jalanan. Apabila ha1 ini dibiarkan berlarnt-larut maka anak-anak tersebut akan mengalami kegoncangan jiwa serta menjadi sampah masyarkat. Untuk itu Muhammadiyah sebagai organisasi sosial keagamaan terketuk hatinya untuk berbuat banyak demi tercapainya generasi Islam yang berkualitas. Salah satu cara yang llakukan oleh Muhammadiyah dalam usahanya untuk mengentaskan kemiskinan dan membantu golongan lemah adalah dengan mendirikan Panti Asuhan sebagai lembaga untuk menampung anak-anak yatim piatu dan terlantar, tentunya tidak sembarangan yang dapat masuk ke dalam bagian Panti Asuhan, ada syaratsyarat yang hams di penuhi. Dalam skripsi ini penulis mencoba meneliti Panti Asuhan sebagai lembaga sosial keagamaan dalam memberikan peranannya terhadap anak-anak asuhnya, khususnya dalam bidang keagamaan anak-anak asuh. Dengan judul Sknpsi "Kehidupan Beragama Islam Anak-anak Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhu'afa di Ringinsari, Bokoharjo, Prambanan, Sleman" Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desknftif yaitu langkah-langkah melakukan reinterpretasi obyebf tentang fenomena-fenomena sosial yang terdapat dalarn permasalahan yang di teliti. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi fungsional yaitu mengungkapkan bagaimana fungsi dari Panti asuhan sebagai lembaga sosial keagamaan dalam membina keagamaan anak-anak asuhnya. Sedangkan tehmk pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 macam, yang pertama observasi yaitu mengamati dan mencatat apa yang terjadi di lapangan, kedua wawancara yaitu mengadakan Tanya jawab secara langsung dalam wawancara ini penulis menggunakan tehnik wawancara bebas terpimpin, dan tehnik pengumpulan data yang ketiga yaitu dokumentasi yaitu penulis mencari data dari dokurnen-dokumen yang ada di Panti Asuhan dalam ha1 ini adalah berupa foto-foto, buku agenda dan diktat-diktat Iainnya. Panti Asuhan sebagai lembaga keagamaan mencoba menganalisa faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi anak-anak itu berbuat baik atau berbuat jahat. Hal ini banyak dipengad oleh faktor-faktor dari dalam dan dari luar, seperti faktor lingkungan, sekolah dan terutama keluarga. Dengan adanya panti asuhan anak-anak asuh merasa mempunyai masa depan yang baik, memiliki pengetahuan agama yang cukup, tidak seperti sebelumnya menjadi anak yang tak berguna karena tidak dapat mengenyam pendidikan baik itu pendidikan agama maupun pendidikan umum di sekolah.} }