<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais"^^ . "M. Amien Rais adalah fenomena baru dalarn sentrum intelektual\r\nMuhammadiyah kontemporer. Tokoh kelahiran Solo pada tanggal 26 April 1944\r\nini dikenal sebagai pakar politik dan belakangan populer sebagai seorang \"tokoh\r\nreformasi\" yang dengan gigih dan konsisten bersama para \"tokoh reformasi\" lain\r\nseperti Nurcholish Madjid dm Emil Salim serta didukung secara aktif oleh para\r\nmahasiswa berhasil menurnbangkan kekuasaan Orde Baru.\r\nSejak melontarkan isu suksesi kepemimpinan nasional pada Sidang\r\nTanwir Muhammadiyah ke-73 di Surabaya tahun 1993, Arnien Rais telah menjadi\r\nseorang intelektual Muslim Indonesia yang sangat berpengaruh dan disegani.\r\nArnien Rais telah masuk &la% barisan elit intelektual Indonesia yang\r\nlperhitungkan dan didengar pemikirannya. Ia pun kernudian tidak bosan-bosan\r\nmengungkapkan berbagai bent& anomali atau penyimpangan sosial dan politik\r\ndalain kehidupan berbangsa dan bernegara. Kesenjangan sosial, penyalahgunaan\r\nkekuasaan dan wewenang, korupsi, kolusi, rnanipulasi dan praktek-praktek\r\nekonomi politik yang tidak rnengindahkan nilai-nilai moral-etik dikritiknya secara\r\nberani.\r\nSkripsi ini berjudd Islam dan Demokrasi dalarn Perspekif Pemikiran M.\r\nh i e n Rais. Skripsi ini membahas bagaimana pemikiran M. Arnien Rais tentang\r\nIslam dan demokrasi dalam relevansinya dengan nilai-nilai fundamental Islam\r\nseita relevansinya dengan konteks kekiniad keindonesiaan. Penelitian ini lebih\r\nmenitikberatkan pada kaj ian pustaka (library research) sebagai ruj ukannya.\r\nSelain data diperoleh dari bahan-bahan kepustakaan, data juga diperoleh melalui\r\nwawancua / interview dengan M. Amien Rais. Tujuan penelitian ini untuk\r\nmengetahui gagasan pemikiran M. Amien Rais tentang Islam dan demokrasi.\r\nSebagaimana banyak pemikir modernis yang lain, Amien Rais\r\nmendasarkan pemihrannya pada konsep tauhid. Menurutnya tauhid merupakan\r\nsentrum suara hati dan pikiran setiap Muslim. Karena itu, kedudukan tauhid\r\ndalarn ajaran Islam adalah paling sentral dan esensial. Dengar1 demikian kerangka\r\nyang dibangun Amien Rais yang berpusat pada konsep tauhid menghendaki suatu\r\nmasyarakat atau negara yang bebas dari peninilasan, eksploitasi dan kekuasaan\r\nyang tidak adil atau sewenang-wenang. Penindasan, ekspIoitasi, ketidakadilan dan\r\nkesewenang-wenangan merupakan sesuatu yang bertolak belakang dengan\r\nsemangat tauhid. Untuk mewujudkan masyarakat yang bebas dari eksploitasi dan\r\npenindasan, tiga fundamental Islam bagi pengaturan masyarakat dan negara hams\r\nditegakkan, antara lain bahwa negara hams dibangun atas dasar keadilan, atas\r\ndasar musyawarah, dan atas dasar persaudaraan, gotong royong dan persamaan\r\nhak. Penegakanfundamental itu sendiri bisa berjalan efektif jika ada mekmisme\r\npolitik check and hulunce atau dalam bahasa Al-Qur'an sering disebut sebagai\r\namar ma 'ruf nalzi munkar.\r\nMengenai Islam dan demokrasi, menurut Amien Rais, mat Islsun hanya\r\nbisa aman untuk membangun masa depannya jika lewat demokrasi saja.\r\nBerdasarkan pengalaman politik yang a&, maka Amien Rais memandang bahwa\r\nseharusnya demokrasi Indonesia adalah sebuah demokrasi yany unik yang harus rnementingkan faktor etika atau moral. Ini sekaligus meniscayakan bahwa apa\r\nyang disebut dengan kedaulatan rakyat atau demokrasi ialah kedaulatan yang\r\nmemiliki landasan etika atau moral yang luhur. Karena sumber moral yang paling\r\nvalid adalah agama, maka demokrasi Indonesia semestinya demokrasi yang\r\nbertuhan, bukan demokrasi yang sekuler. Model dernokrasi ini sangat ditonjolkan\r\nbahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius. Karena menurut Amien\r\nRais demokrasi memang pilihan bagus buat manusia modem, sekalipun\r\ndemokrasi memang tidak sempurna, tetapi demokrasi rnerupakan sistem politik\r\nyang paling dekat dengan ajaran-ajaran a g w . Dibandingkan dengan sistem\r\npolitik yang pemah ada di zanlan modem ini, maka Arnien Rais melihat dan\r\nrneyakini bahwa demokrasi rnerupakan bentuk paling dekat dengan ajaran Islam.,\r\nKarena Arnien Rais yakin esensi demokrasi itu adralah keadilan yaitu sesuatu yang\r\nsangat ditegakkan di dalam aj aran-aj aran agama.\r\nSecara urnurn, Amien Rais sepakat dengan definisi demokrasi\r\n\"pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat\" (government of the\r\npeople, by the people and for the people). Namun definisi tersebut hams\r\ndijabarkan dalay beberapa kriteria universal yang secara substansial kriteriakriteria\r\nitu ineretleksikan deinokrasi sebagai sistem politik rakyat di mana rakyat\r\nadalah pemilik kedaulatan dan kekuasaan yang sesungguhnya."^^ . "2003" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "NIM. 98522722"^^ . "Noor Indra Wibawanti"^^ . "NIM. 98522722 Noor Indra Wibawanti"^^ . . . . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Text)"^^ . . . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Text)"^^ . . . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Other)"^^ . . . . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Other)"^^ . . . . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Other)"^^ . . . . . . "Islam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9608 \n\nIslam dan Demokrasi dalam Perspektif Pemikiran M. Amien Rais\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Agama"@en . .