eprintid: 9647 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/00/96/47 datestamp: 2013-12-04 07:42:50 lastmod: 2015-11-10 01:57:03 status_changed: 2013-12-04 07:42:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ULINNUHA NUR AINI, NIM. 09220031 title: LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MEMBANTU PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI SMP PIRI I YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: BA divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Layanan Konseling Individu, Penyesuaian Sosial note: Pembimbing: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si. abstract: Ulinnuha Nur Aini, Layanan Konseling Individu Dalam Membantu Penyesuaian Sosial Siswa Di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Keadaan sosial selalu berubah dari waktu ke waktu. Hal ini menuntut kemampuan individu untuk dapat mengikuti perubahan tersebut, tidak terkecuali siswa sebagai remaja. Munculnya perubahan-perubahan untuk menuju kea rah dewasa tersebut menimbulkan banyak kesulitan dalam penyesuaian sosial. Kekurangmampuan siswa dalam menyesuaiakan diri dengan keluarga, teman sebaya dan masyarkat ini akan menghambat tugas-tugas perkembangannya, maka untuk mencapai perkembangan yang baik kontribusi yang diberikan dari lingkungan sekolah berupa layanan konseling individu guna membantu siswa melewati kesulitan-kesulitan yang dihadapinya dalam menyesuaiakan diri dengan lingkungan keluarga, teman sebaya, dan masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu dalam membantu penyesuaian sosial siswa di SMP PIRI 1 Yogyakarta dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan konseling individu serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam membantu penyesuaian sosial siswa di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah 2 guru BK dan 5 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan layanan konseling individu dalam membantu penyesuaian sosial siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan deskriptif kualitatif model dari Matwe G. Miles dan Michael Hiberman dengan cara menginterpretasikan data-data yang diperoleh, dengan triangulasi sumber data guna mendapatkan keabsahannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pelaksanaan konseling inidividu terdiri dari: identifikasi siswa, eksplorasi masalah, aplikasi solusi, evaluasi, tindak lanjut dan laporan. Dalam per semester rata-rata guru BK melakukan konseling individu dalam membantu penyesuaian sosial siswa sebanyak 40%. Faktor pendukung pelaksanaan konseling individu yaitu: kondisi ruang konseling, adanya dukungan sistem dan penerapan metode. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: peran dari guru BK, peran orangtua atau wali dan siswa. Kata kunci: Layanan Konseling Individu, Penyesuaian Sosial. date: 2013-12-04 date_type: published pages: 139 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS DAKWAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ULINNUHA NUR AINI, NIM. 09220031 (2013) LAYANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MEMBANTU PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI SMP PIRI I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9647/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9647/2/BAB%20II%2C%20III.pdf