<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ZUHUD\r\nDARI\r\nZAMAN\r\nKE\r\nZAMAN\r\n"^^ . "ABSTRAK\r\nSekulerisme yang muncul di dunia [slam di masa-masa pramodernis karena\r\nmacetnya pemikiran Islam pada umumnya, dan Iebih khusus lagi karena kegagalan\r\nhukum dan lembaga-lembaga Syari' ah untuk mengembangkan diri guna memberi\r\nkebutuhan-kebutuhan masyarakat yang berubah. ini rnempengaruhi jalannya Islam\r\nmodem, khususnya krisis kehampaan spiritual yang akan berakibat pada segala\r\nbidang termasuk, budaya, poIitik, serta ilmu pengetahuan.\r\nSkripsi ini merupakan penelitian tentang perkembangan zuhud, mulai dari\r\nzuhud yang diajarkan oleh Rasulullah hingga dilanjutkan oleh para sahabatnya\r\nkhulafaurrosidin sampai perkembangan zuhud yang diterapkan pemikir-pemikir Islam\r\nmodern, hingga akhimya harus menengok kembali sejarah sufi klasik yang masih\r\ntetap layak ditampilkan sebagai figur pemikir Islam tradisional altematif. Masalah\r\npokok yang ingin diketahui adalah bagaimana konsep zuhud dalam tasawuf itu\r\nsendiri, dan bagaimana relevansi konsep zuhud dengan dunia modem. Pendekatan\r\nyang digunakan adalah historis dengan menggunakan metode interpretasi dan\r\ndiskripsi. Yang menjadi landasan buku acuan adalah karangan Amin Syukur yang\r\nberjudul Zuhud Abad Modern, Tasawuf dan Krisis.\r\nAlasan penelitian ini didorong oleh beberapa pertimbangan antara lain\r\nkekeringan spiritual di era modern ini. Oleh karena itu pembahasan zuhud dalam\r\ntasawuf sangat dibutuhkan. Figur Rasulullah dan para sahabat, sufi klasik sampai\r\nmodern, tetap bisa dijadikan sebagai suri tauladan. Karena pada dasarnya ajaran\r\nagama Islam seiaiu mengajak untuk menuju kebaikan.\r\nZuhud dalam dunia, itu adalah satu maqam yang mulia dan beberapa maqam\r\norang-orang yang menempuh jalanke akhirat. Zuhud itu ibarat tentang tidak sukanya\r\nseseorang terhadap dunia karena berpaIing pada akhirat atau ia berpaling kepada\r\nselain Allah SWT untuk menuju Allah SWT.\r\nUntuk menghadapi krisis dunia modem zuhud yang diajarkan oIeh para\r\npendahulu-pendahulu yang disebutkan di atas bisa dijadikan altematif pemecahan\r\nmasalah sekaligus dapat dijadikan benteng untuk membangun diri sendiri, terutama\r\ndalam menghadapi gemerlapnya materi dengan zuhud akan tampil sifat positif\r\nlainnya, seperti qona'ah, tawakal, wara, syukur dan menerima nikmat dengan lapang\r\nhati dan menggunakan sesuai fungsi dan porsinya.\r\nSecara individual orang yang telah mencapai maqamat dalam tasawuf,\r\nserendah atau setinggi apapun akan memiliki al-akhlak al-karimah dalam dirinya\r\nseperti sifat yang disebutkan di atas. Sedang secara sosial, seorang sufi adalah orang\r\nyang punya konsen atau keprihatinan sosial yang amat tinggi pada kaum dhu' afa,\r\nkemudian pada saat yang sarna pernahaman dan kecintaan pada Allah swr ini dapat\r\ndimanifestasikan ke daIam bentuk amaI saleh yang berorientasi dalam bidang\r\nkehidupan, bahwasanya sikap anti dunia justru akan memberi makna penting pada\r\ndunia.\r\n"^^ . "2003-12-09" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USBULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 98522706"^^ . "ROFIATUL ULYA"^^ . "NIM. 98522706 ROFIATUL ULYA"^^ . . . . . . "ZUHUD\r\nDARI\r\nZAMAN\r\nKE\r\nZAMAN\r\n (Text)"^^ . . . "ZUHUD\r\nDARI\r\nZAMAN\r\nKE\r\nZAMAN\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "ZUHUD\r\nDARI\r\nZAMAN\r\nKE\r\nZAMAN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ZUHUD\r\nDARI\r\nZAMAN\r\nKE\r\nZAMAN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ZUHUD\r\nDARI\r\nZAMAN\r\nKE\r\nZAMAN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ZUHUD\r\nDARI\r\nZAMAN\r\nKE\r\nZAMAN\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9653 \n\nZUHUD \nDARI \nZAMAN \nKE \nZAMAN \n\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Agama"@en . .