<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "TEORI TAFSIR BI AL-RA' YI\r\nMENURUT AL-GHAZALI\r\n"^^ . "Nama besar al-Ghazali umumnya dikaitkan hanya dengan dunia tasawuf,\r\nmeski banyak yang tahu pemikirannya melingkupi banyak bidang, sebagaimana\r\nterlihat dari karya-karyanya. Begit u juga dengan nasib karya monumentalnya lhya'\r\n.Ulum sl-Din dipandang melulu sebagai risalah tasawuf, padahal kitab tersebut\r\nmenghimpun teori-teori al-Ghazali tentang penafsiran al-Qur'an.\r\nPemahaman tentang teori tafsir yang dipakai oleh al-Ghazali sangat penting.\r\nSebab dengan begit u dapat dikenali tidak saja alur pemikiran tapi juga epistemologi\r\nyang menjadi landasannya. Kitab Ihyi' .Uliim sl-Din, dan lebih khusus kitab Jswehir\r\nal-Qur'iil sebenarnya juga memuat hal tersebut, dan atas dasar itulah kajian ini\r\ndilakukan.\r\nPermasalahan yang dijawab dalam kajian ini adalah tentang teori (aEsIrhi al-\r\nrs 'yi menurut al-Ghazali, Selama ini penafsiran yang dilakukan oleh al-Ghazali\r\nsering tidak dikategorikan sebagai jenis hi al-ra 'yi, karena penggunaan metodenya\r\nsarna dengan yang lazim digunakan oleh mereka yang dikategorikan penafsir hi slma'sur,\r\nbahkan dalam banyak kasus ia memakai hadls-hadis yang tidak sahib\r\nsekalipun.\r\nNamun, jika dicermati al-Ghazali memiliki definisi dan standar-standar\r\ntersendiri dalam hal ini, Ia juga memiJiki pemahaman tersendiri tentang hfldis nabi\r\nyang berisi larangan untuk melakukan penafsiran hi al-ra'yi, menurutnya Qadis\r\ntersebut tidak dapat dijadikan alas an yang menghalangi pemahaman al-Qur' an\r\ndengan akal. Hanya saja al-Ghazali juga memang mempunyai ukuran kriteria\r\ntersendiri tentang penafsiran hi al-ra'yiyang dianggap valid.\r\nDari sini saja terbaca bahwa al-Ghazali tidak semata mendasarkan diri pada\r\npenafsiran hi al-ma'sur, tetapi tidak serta merta dapat memasukkan al-Ghazali pada\r\npenafsir hi sl-re'yi. Al-Ghazali, seperti kecenderungannya untuk melakukan\r\nrekonsiliasi antara tasawuf dan syariat, dalam hal ini juga berusaha melakukan\r\nperpaduan antara pemikiran hi si-rs 'yidan hi al-ma' sUi:\r\nHal tersebut sangat terkait dengan setting sosial yang menjadi latar belakang\r\nal-Ghazali; gerakan Mu'tazilah yang cenderung menekankan dominasi akal juga\r\nkaum literalis yang hanya menganggap penting sisi zahir dari teks serta kaum Batini\r\nyang hanya sibuk dengan makna batin tanpa hirau dengan sisi zahir dari al-Qur'an.\r\nUntuk memperoleh penjelasan yang memadai mengenai hal tersebut kajian\r\nini menyertakan kondisi sosial saat itu. Dengan kajian tersebut diharapkan terlihat\r\nfaktor-faktor ekstemal yang mendorong al-Ghazali membangun rumusan\r\npemikirannya. Dari sejumlah kajian yang dilakukan, terlihat bahwa al-Ghazali tidak\r\nsaja merumuskan teori tersebut dalam tataran ide, tapi juga memberikan aplikasinya\r\ndalam karya-karyanya, dan teori al-Ghazali ini banyak memberi sumbangan bagi\r\npemikir sesudahnya.\r\n"^^ . "2003-07-14" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDDIN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 96532302"^^ . "SUBEKHAN"^^ . "NIM. 96532302 SUBEKHAN"^^ . . . . . . "TEORI TAFSIR BI AL-RA' YI\r\nMENURUT AL-GHAZALI\r\n (Text)"^^ . . . "TEORI TAFSIR BI AL-RA' YI\r\nMENURUT AL-GHAZALI\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "TEORI TAFSIR BI AL-RA' YI\r\nMENURUT AL-GHAZALI\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "TEORI TAFSIR BI AL-RA' YI\r\nMENURUT AL-GHAZALI\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "TEORI TAFSIR BI AL-RA' YI\r\nMENURUT AL-GHAZALI\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "TEORI TAFSIR BI AL-RA' YI\r\nMENURUT AL-GHAZALI\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #9661 \n\nTEORI TAFSIR BI AL-RA' YI \nMENURUT AL-GHAZALI \n\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .