<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer)"^^ . "Agama, menurut Althusser, merupakan salah satu alat ideologis negara\r\n(ideological state apparatus) yang ampuh untuk menundukkan massa. Tentu saja\r\nAlthusser sedang menunjuk pada agama yang menjadi pelayan bagi kepentingan\r\nkelas berkuasa sehingga kehilangan semangat pembebasannya. Karena semangat\r\npembebasannya ini, agama sesungguhnya juga memiliki kekuatan untuk\r\nmembebaskan kelas tertindas seperti dicontohkan oleh nabi-nabi dan dikemudian\r\nhari dikontekstualisasikan kembali dalam term teologi pembebasan oleh para\r\nintelektual.\r\nSalah seorang pemikir yang concern dengan penindasan dan pembebasan\r\nadalah intelektua1 India Asghar Ali Engineer. Untuk menggali kekuatan pembebas\r\nagama (Islam), Asghar kemudian mencoba menafsir ulang berbagai konsep dasar\r\ndalam al-Qur' an seperti tauhid, kenabian, dan wahyu yang pada gilirannya\r\ndigunakan untuk merumuskan sebuah teologi pembebasan yang berdaya.\r\nTauhid bagi Engineer tidak hanya dimaknai sebatas \"keesaan Tuhan,\" tapi\r\njuga kesatuan manusia yang tidak dapat dicapai dalam pengertiannya yang paling\r\nbenar tanpa menciptakan masyarakat tanpa kelas (classles society). Tauhid dalam\r\npengertain yang barn ini berarti melampaui garis-garis keyakinan. Di sinilah\r\npluralisme keagamaan mendapat tempat dalam perspektif teologi pembebasan.\r\nKesatuan bukan saja mengenai perkara akidah, tetapi adalah kesatuan dalam\r\nkeadilan yang melintasi batas-batas keyakinan. Dalam perspektif teologi\r\npembebasan, persoalan penindasan itu bukaniah persoalan antar pemeluk agama,\r\nakan tetapi lebih merupakan persoalan antara \"penindas\" dan \"yang tertindas.\"\r\nSosok \"penindas\" dan ''yang ditindas\" itu bisa berasal dari agama manapun, ras\r\napapun dan suku manapun. Dengan demikian, tauhid itu tidak banya berdimensi\r\nteologis, tapi juga sosiologis. Kata kafir juga dimaknai ulang oleh Engeneer. fa tak\r\nhanya berdimensi teologis, tapi juga berdimensi sosial-ekonomi. Kafir tidak hanya\r\nmereka yang tidak percaya kepada Tuhan, tapi juga termasuk mereka yang\r\nmelawan segala usaba yang sungguh-sungguh untuk menata ulang struktur\r\nmasyarakat agar Iebih adil dan egaliter, tidak ada konsentrasi kekayaan di\r\nsegelintir orang, sertatidak ada eksploitasi manusia atas manusia yang lain.\r\nBetapapun teologi pembebasan Islam merupakan usaha praksis\r\npembebasan manusia dari segala sistem ketidak-adilan, penindasan dan status\r\nquo, dengan berpijak pada al-Qur'an dan sejarah praksis pembebasan kenabian,\r\nnamun bukan berarti ia tidak sepi dari baju ideologis atau kepentingan, mengingat\r\nobjek yang menjadi garapannya bersifat multi-dimensional, kadang politis,\r\nekonomis atau bahkan kultural. Belum lagi sudut pandang teoiogi tersebut, baik\r\ndalam melihat persoalan maupun dalam memberlakukan (baca: memahami)\r\nsemangat pembebasan yang terkandung dalam wahyu Allah atau pengalaman\r\npraksis kenabian,\r\nMetode hermeneutik yang dijadikan pisau analisis dalam teologi\r\npembebasan untuk memahami konteks dan teks atau masa lampu dan masa\r\nsekarang sehingga didapatkan pijakan paradigmatis gerakan, tidak merupakan\r\nsatu-satunya metode yang dapat dimanfaatkan. Hermeneutik merupakan model\r\neksegese ilmiah-krins-historis yang mengutamakan kesesuaian makna antara teks\r\ndan konteks. Model pembacaan seperti ini tentu bertentangan. dengan model\r\npembacaan tekstualis yang banyak dipakai oleh kalangan fundamentalis.\r\nSetelah proses menafsir ulang ini, Asghar kemudian merumuskan teologi\r\npembebasannya. Berbeda dengan teologi klasik yang cenderung abstrak dan elitis,\r\nteologi pembebasan cendenmg lebih konkret dan historis. Tekanannya adalah\r\nrealitas kekinian, bukan realitas di a1am maya. Baginya, teologi itu tidak hanya\r\nbersifat transendentaJ, tapi juga kontekstual, Teologi yang hanya berkutat pada\r\nwilayah metafisik akan tercerabut dari akar sosialnya. Baginya, teologi adalah\r\nrefleksi dari kondisi sosial yang ada, dan dengan demikian suatu teologi adalah\r\ndikonstruksi secara sosia1. Tidak ada teologi yang bersifat eternal yang selalu\r\ncocok dalam setiap kurun waktu dan sejarah.\r\nDalam pandangan teologi itu juga tidak netral. Ia mempunyai keperbihakan,\r\napakah kepada status quo atau kepada perubahan. Dengan kata lain, teologi itu\r\ndapat menjadi instrumen pembebas atau pembelenggn manusia. Semua itu\r\ntergantung kepada siapa yang mengkonstruksi dan. menggunakannya.\r\nKeperbihakan teolcgi pembebasan sangat jelas, yaitu kepada mereka yang lemah\r\ndan tertindas. Ia diproyeksikan untuk perubahan, bukan untuk mengabdi kepada\r\nkekuasaan dan status quo.\r\nTeologi pembebasan sangat menekankan pada aspek praksis, yaitu\r\nkombinasi antara refleksi dan aksi, iman dan amal. Ia merupakan produk\r\npemikiran yang diikuti dengan praksis untuk pembebasan. Teologi pembebasan\r\nberupaya untuk menjadikan mereka yang lemah dan tertindas menjadi makhluk\r\nyang independen dan aktif. Karena hanya dengan menjadi manusia yang aktif dan\r\nmerdeka mereka dapat melepaskan diri dati belenggu penindasau."^^ . "2003-04-05" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 96512226"^^ . "ARIF MUJAHIDIN"^^ . "NIM. 96512226 ARIF MUJAHIDIN"^^ . . . . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Text)"^^ . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Other)"^^ . . . . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Other)"^^ . . . . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Other)"^^ . . . . . . "ISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9699 \n\nISLAM DAN PEMBEBASAN (studi terhadap Pemikiran Pembaharuan Islam Asghar Ali Engineer)\n\n" . "text/html" . . . "Aqidah Filsafat"@en . .