<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN"^^ . "Para ulama sebagaimana dikutip Amin al-Khuli membagi khasanah\r\nintclektual Islam kc dalam tiga bagian: 1. llmu yang matang dan final yaitu ilmu\r\nnahwu dan ilmu ushul. 2. Ilmu yang matang tetapi belum final yaitu ilmu fiqh\r\ndan ilmu hadits. 3. Ilmu yang belum matang dan belum final yaitu ilmu bayan\r\ndan ilmu tafsir.\r\nApabila kita lihat pembagian ini, barangkali kita boleh berbangga bahwa\r\nilmu yang berkaitan langsung dengan al-Qur'an (yakni tafsir) masuk dalam\r\nkategori ilmu yang bclum matang atau final. Ini berarti masih terbuka lebar\r\n.peluang untuk mengadakan pembaharuan terus menerus baik menyangkut\r\npcnafsiran ayat-ayat tertentu maupun perangkat metodologinya (baca: uhim el­\r\ntaBdr/al-Qur'an). Namun demikian pembaharuan ilmu-ilmu al-Qur'an masih\r\ndihadapkan pada: terjadinya perluasan wilayah tak tcrpikirkan (meminjam istilah\r\nArkoun) dimana terdapat wilayah-wilayah yang tidak boleh dijamah serta\r\ndilanggar oleh pikiran-pikiran kritis ilmiah, Hal demikian tampak sekali pada\r\nkasus yang menimpa Nasr AbuZaid. Celakanya lagi pengganjalan-pengganjalan\r\nini tidak semata-mata berrsifat akademis tetapi mengarah pada upaya-upaya\r\npolitis terentu. Terlcpas dari kontroversi tersebut skripsi ini hcndak secara\r\nkhusus mcmperbincangkan upaya rckonstruksi ilmu-ilmu al-Qur'an (ulUin el­\r\nQur'an) yang ditawarkan Abu- Zaid. Untuk itu tulisan ini Iebih banyak\r\nmcndiskusikan gagasan-gagasan tcrsebut dalam masterpiece-nya MaflzUin el­\r\nNas Dirasah fi Ulum al-Qur'an disamping juga merujuk pada karya-karyanya\r\nyang lain.\r\nIlmu-ilmu al-Qur'an discbut ilmu induk dan yang menjadi obyck adalah\r\nteks al-Qur'an. Dalam tcori bahasa, teks menggunakan bahasa, sementara bahasa\r\nadalah sistem tanda berupa simbol. Bahasa merupakan simbol realitas yang\r\ndiabstraksikan dalam pikiran. Untuk bisa mengkomunikasikan hasil abstraksi,\r\ndipcrgunakan simbol berupa bahasa. Karena itu bahasa tidak lcpas dari realitas\r\ndan kebudayaan dalam ruang dan waktu. Maka tak dapat dibantah al-Qur'an juga\r\ntidak bisa lepas dari rcalitas dan budaya setempat, karena ia telah memilih\r\ninstrumen kebudayaan (bahasa) ruang dan wilayah yang memiliki kebudayaan\r\ntertentu. Artinya, terjadi dialog antara al-Qur'an dan realitas-budaya masyarakat\r\nArab saat itu scsuai dengan tingkat pemahamannya. Apalagi ia merupakan\r\nrisdlsh yang mengandaikan penyampaian pesan-pesan yang harus difahami oleh\r\npenerimanya.\r\nAnalisis teks digunakan untuk mengkaji (bukan mengaji) al-Qur' an\r\nkarcna bcberapa pcrtimbangan: (1) Allah SWT scbagai pcnyampai pcsan tidak\r\nbisa dikaji secara ilrniah untuk menangkap makna pesan-pesannya, sehingga\r\nkajian-kajian terhadapnya hanya akan menjcrumuskan pada stetemen-statemen\r\nretorik (al-aqawilah al-khithabiyah) yang mcnyimpang dari tugas ilmiah; (2)\r\nkajian ilmiah yang memerlukan data-data empiris hanya bisa dilakukan pada\r\nfenomena realitas-budaya baik pada penerima (Nabi dan masyarakat) serta\r\nmedium yang digunakan (bahasa),\r\nAkhirnya, penelitian ini akan mencoba melihat bagaimana Nasr Hamid\r\nAbu\"Zayd melihat wahyu scbagai konsep dari bahasa yang berdialektika dengan\r\nrealitas-budaya Arab, sebagai konteks turunnya al-Qur'an. Bahwa teks (al­\r\nQur'an) terbentuk dad realitas-budaya dan rnembentuknya. Al-Qur'an\r\nmengambil bahan-bahan dari rcalitas-budaya (katakanlah: Arab) kemudian\r\nmembentuk realitas-budaya tertentu."^^ . "2013-05-04" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 98532583"^^ . "M IRSYADUL IBAD"^^ . "NIM. 98532583 M IRSYADUL IBAD"^^ . . . . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Text)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9717 \n\nKONSEP WAHYU MENURUT NASIR HAMID ABUZAYD DALAM MAFHUM AN-NASS DIRASAH FI ULUM AL QUR;AN\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .