TY - THES ID - digilib9741 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9741/ A1 - ISTIQOMAH, NIM. 98424015 Y1 - 2003/08/13/ N2 - Internet sebagai media baru komunikasi dan informasi global memberikan perspektif baru dalam dunia pendidikan khususnya sebagai media pembelajaran jarak jauh (distance learning). Namun selama ini pembelajaran jarak jauh melalui internet tersebut kurang dimanfaatkan di Indonesia khususnya program yang menawarkan pembelajaran bahasa Arab. Salah satu bentuk pembelajaran jarak jauh melalui internet adalah synchronous distance learning. Dengan demikian tujuan dalam penelitian yang penulis lakukan adalah memberikan deskripsi mengenai bentuk pembelajaran jarak jauh melalui internet dan mendekripsikan relevansi konsep pembelajaran synchronous distance learning dalam pembelajaran muhadasah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dengan menggunakan teknik pengumpulan data adalah studi literatur. Penelitian ini menggunakan sumber data baik primer maupun sekunder. Adapun dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif analitis. Setelah mengumpulkan dan menganalisis data, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran jarak jauh melalui internet dapat diklasifikasikan menjadi dua bentuk, yaitu synchronous dan asynchronous. Perbedaan keduanya terletak pada aspek waktu, bentuk synchronous menekankan aspek pertemuan secara berkala antara peserta didik dengan instruktur/tutor yang dilakukan dengan chatting, maupun teleconfrence secara online melalui internet. Sedangkan bentuk asynchronous baik aspek waktu maupun jarak diabaikan, sehingga tidak ada pertemuan antara peserta didik dengan instruktur/tutor secara online melalui internet. Dalam konteks pembelajaran bahasa Arab, kedua bentuk pembelajaran jarak tersebut relevan untuk mengembangkan kemahiran berbahasa Arab baik aktif ekspressif maupun pasif reseptif. (2) Salah satu kemahiran berbahasa Arab yang bisa direlevansikan dengan konsep pembelajaran synchronous distance learning melalui internet adalah pembelajaran muhadasah (ketrampilan berbicara) yaitu pada aspek tujuan, metode, materi, media, lingkungan, tahap, dan evaluasi pembelajaran. Namun tidak semua aspek pembelajaran tersebut relevan. Beberapa aspek yang tidak relevan antara lain: a. Pembelajaran muhadasah melalui synchronous distance learning hanya relevan untuk tingkat Perguruan Tinggi Agama. b. Materi pembelajaran hanya relevan untuk pengajaran pengutaraan lisan dan tidak relevan untuk pengajaran latihan ucapan lisan. c. Pengembangan ketrampilan berbicara/muhadasah membutuhkan lingkungan pembelajaran bahasa alamiah (riel) sedangkan lingkungan pembelajaran synchronous distance learning tidak alamiah (virtual). d. Evaluasi pembelajaran muhadasah melalui synchronous distance learning hanya terbatas pada aspek kognitif. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pembelajaran jarak jauh KW - Internet KW - Synchronous Distance Learning. M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN JARAK JAUH MELALUI PROGRAM INTERNET (Relevansi Synchronous Distance Learning Dalam Pembelajaran Muhadasah) AV - restricted ER -