<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN"^^ . "Pendidikan Islam dituntut untuk melahirkan insan-insan yang senantiasa\r\nbersikap dan berbuat kebaktian pada dirinya, pada Tuhannya, pada sesama makhluk\r\ndan lingkungannya sebagai wujud kongkrit daripada manusia yang beriman.\r\nFenomena yang sama dialami oleh India pada abad 18 sejalan dengan gerakan\r\npembaharuan dalam Islam secara keseluruhan. Pada saat India mengalami\r\nkegelapan, muncullah Sir Sayyid Ahmad Khan sebagai pemimpin yang menjadi\r\npahlawan bagi rakyat India, ia mengajak umat Islam untuk mengikuti sistem\r\npendidikan modern yang diterapkan oleh Inggris pada saat itu. Dengan demikian\r\ntujuan diadakannya penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana sistem\r\nPendidikan Islam yang diciptakan oleh Sir Sayyid Ahmad Khan, apa saja yang\r\ndilakukan Sir Sayyid Ahmad Khan dalam mengembangkan, mereformulasikan dan\r\nmemperbaharui pendidikan Islam di India, serta mengetahui relevansi dan\r\naktualisasi konsep pembaharuan pendidikan Islam yang dibangun Sir Sayyid Ahmad\r\nKhan dapat diterapkan dalam konteks kekinian, khususnya di Indonesia. \r\nDalam penelitian ini data dikumpulkan dan didapatkan melalui penelitian\r\npustaka (library research), dengan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan\r\nmetode analisis data, penulis menggunakan metode deskriptif dan metode\r\nkomparatif. Adapun pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan historis\r\ndan pendekatan sosiologis.\r\n Berdasarkan pembahasan dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa:\r\n1) Pada dasarnya konsep pembaharuan bidang pendidikan Islam yang dilakukan\r\noleh Ahmad Khan adalah merupakan jawaban terhadap kondisi dan situasi yang\r\nmemprihatinkan yang dialami oleh rakyat India, khususnya umat Islam, sehingga\r\nAhmad Khan ingin merubahnya dengan melakukan reformasi di bidang pendidikan\r\nIslam. Usaha-uasaha yang dilakukan antara lain: a. Mendirikan sekolah untuk umat\r\nIslam, yang materi atau kurikulum dan tujuan pendidikan disesuaikan dengan\r\nkebutuhan dan tuntutan zaman, yaitu ilmu umum dan ilmu agama Islam. b.\r\nmendirikan The Scientific atau The Translation Society dan British Indian\r\nAssociation.c. mendirikan Mohammedan Educational Conference atau konferensi\r\nPendidikan Islam, yang membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan\r\npendidikan bagi umat Islam, pengembangan dan pembaharuannya. d.\r\nMemperbaharui sistem pendidikan Islam yang ada dan menciptakan sistem\r\npendidikan Islam modern. 2) Sistem pendidikan Islam yang diciptakan oleh Ahmad\r\nKhan adalah “sistem pendidikan Islam modern”. merupakan kolaborasi dari dua\r\nbuah sistem pendidikan, yaitu: sistem pendidikan Islam tradisional yang ada pada\r\nsaat itu dan sistem pendidikan Inggris modern. 3) searah dengan gerakan\r\npembaharuan dalam Islam secara menyeluruh maka konsep pembaharuan\r\npendidikan Islam yang diciptakan oleh Ahmad Khan yang berbentuk sistem\r\npendidikan Islam modern yang tercermin dalam Aligarh Collegenya, ini sangat\r\nrelevan dengan pendidikan Islam modern masa kini. Keduanya bersifat inovatif, \r\ndinamis dan kontekstual dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman. 4)\r\ndilihat dari kacamata perbandingan pendiidkan di negara-negara Islam maka terlihat\r\njelas bahwa sistem pendidikan Islam modern yang diciptakan Ahmad Khan tidak\r\nmenutup kemungkinan untuk dapat diterapkan dan diaktualisasikan di Indonesia.\r\nHal ini disebabkan adanya kesamaan antara India dan Indonesia baik secara historis,\r\njumlah penduduk muslim, maupun sosial budaya. Hal ini sangat mungkin karena di\r\nIndonesia sampai saat ini masih ada lembaga pendidikan Islam tradisional yang\r\nbelum menerapkan sistem pendidikan Islam modern seperti yang diterapkan Ahmad\r\nKhan"^^ . "2003-04-04" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 98474073"^^ . "YULISTYA GUNAWAN"^^ . "NIM. 98474073 YULISTYA GUNAWAN"^^ . . . . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Text)"^^ . . . "BAB I. V.pdf"^^ . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Text)"^^ . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PEMBAHARUAN \r\nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN\r\nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9743 \n\nKONSEP PEMBAHARUAN \nPENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SIR SAYYID AHMAD KHAN \nDAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM MODERN\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .