@phdthesis{digilib9750, month = {December}, title = {PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DILENGKAPI KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA MA ALI MAKSUM}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09680033 ARIFATUN KHASANAH}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9750/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas XI B IPA MA Ali Maksum melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dilengkapi kartu soal. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI B IPA MA Ali Maksum melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dilengkapi kartu soal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart. Kegiatan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI B IPA MA Ali Maksum semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan berupa data keaktifan dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data keaktifan siswa diperoleh melalui observasi serta didukung catatan lapangan dan dokumentasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui pretest dan posttest siklus I dan siklus II. Analisis data untuk keaktifan siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil belajar siswa menggunakan analisis effect size, yaitu selisih rata-rata siklus I dan II yang dinyatakan dalam satuan simpangan baku. Hasil penelitian penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dilengkapi kartu soal dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI B IPA MA Ali Maksum. Peningkatan keaktifan siswa dilihat dari persentase indikator keaktifan dari siklus I ke siklus II, meliputi visual activities dengan indikator perhatian meningkat 12,97\%, oral activities dengan indikator rasa ingin tahu meningkat 18,52\% dan indikator presentasi meningkat 16,6\%, listening activities dengan indikator mendengarkan meningkat 19,44\%, motor activities dengan indikator partisipasi meningkat 24,08\% dan indikator tanggungjawab meningkat 21,3\%, mental activities dengan indikator keberanian meningkat 14,81\% serta emosional activities dengan indikator ketertarikan meningkat 25\%. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan adanya selisih rata-rata nilai posttest siklus I dan siklus II sebesar 9,72 dengan effect size 0,75. Kata kunci: hasil belajar, kartu soal, keaktifan, numbered head together (NHT).} }