<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA"^^ . "Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk (1) mengetahui pembelajaran berbasis\r\nmasalah dengan open ended problem lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran\r\nberbasis masalah dengan diskusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (2) mengetahui\r\nperbedaan efektivitas dari model pembelajaran berbasis masalah dengan open ended problem dan\r\nmodel pembelajaran berbasis masalah dengan diskusi berdasarkan keterampilan berpikir kritis\r\nsiswa; (3) mengetahui tingkat efektivitas dari pembelajaran berbasis masalah dengan open ended\r\nproblem dan pembelajaran berbasis masalah dengan diskusi berdasarkan keterampilan berpikir\r\nkritis siswa: (4) mengetahui keterlaksanaan model berbasis masalah dengan open ended problem\r\ndalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.\r\nJenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design\r\nyang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah pembelajaran\r\nberbasis masalah dengan open ended problem sedangkan variabel terikat adalah keterampilan\r\nberpikir kritis siswa pada materi listrik dinamis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas\r\nX MAN Temanggung yang berjumlah 379 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling.\r\nSetelah dilakukan random dihasilkan kelas X2 sebagai kelas eksperimen (30 siswa) dan kelas X5\r\nsebagai kelas kontrol (30 siswa). Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran\r\nberbasis masalah dengan open ended problem sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran\r\nberbasis masalah dengan diskusi. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi\r\nketerlaksanaan pembelajaran (rating scale) dan soal pretest-posttest. Data rating scale dianalisis\r\nmenggunakan statistik deskriptif dan data soal pretest-posttest dianalisis menggunakan statistik\r\ninferensial (analisis uji-t dengan taraf signifikansi 5%).\r\nHasil penelitian ini antara lain (1) Pembelajaran berbasis masalah dengan open ended\r\nproblem lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan diskusi\r\nterhadap kemampuan berpikir kritis siswa (diuji menggunakan uji statistik t separated varian\r\ndengan thitung= 4.41 sedangkan ttabel= 2.021 yang berarti H0 ditolak karena thitung > ttabel); (2) terdapat\r\nperbedaan efektivitas dari model pembelajaran berbasis masalah dengan open ended problem dan\r\nmodel pembelajaran berbasis masalah dengan diskusi berdasarkan keterampilan berpikir kritis\r\nsiswa (diuji menggunakan uji statistik t sampel berpasangan/related dengan thitung= 3.47 sedangkan\r\nttabel= 1.70 yang berarti H0 ditolak karena thitung > ttabel); (3) tingkat efektivitas pembelajaran\r\nberbasis masalah dengan open ended problem termasuk pada kriteria cukup efektif (57%) dan\r\npembelajaran berbasis masalah dengan diskusi termasuk pada kriteria kurang efektif (45%); (4)\r\nketerlaksanaan pembelajaran berbasis masalah dengan open-ended problem menunjukkan tingkat\r\nketerlaksanaan pembelajaran dikategorikan sangat baik sebesar 50% dan tingkat keterlaksanaan\r\npembelajaran dikategorikan baik sebesar 50%.\r\nKata Kunci:"^^ . "2013-12-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAK. SAINTEK, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09690043"^^ . "LAILI MUYASSAROH"^^ . "NIM. 09690043 LAILI MUYASSAROH"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9754 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI LISTRIK DINAMIS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Fisika"@en . .