eprintid: 9755 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/00/97/55 datestamp: 2013-12-20 08:44:27 lastmod: 2016-03-03 07:02:05 status_changed: 2013-12-20 08:44:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MELISA VEBRIANI, NIM. 09680014 title: PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 COMAL ispublished: pub subjects: pen_bio divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: CIRC, hasil belajar biologi, herbarium note: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbasis herbarium terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbasis herbarium pada kelas eksperimen dan metode ceramah pada kelas kontrol, dan variabel terikat berupa hasil belajar biologi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Comal kelas X Tahun Ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling diperoleh kelas X.4 sebagai kelas kontrol dan X.5 sebagai kelas eksperimen. Alat pengumpulan data penelitian berupa tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik Independent Sampel T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbasis herbarium berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa pada aspek kognitif ditunjukkan dengan uji t-test sig. (2-tailed) senilai 0,001 < taraf signifikansi (0,01) dengan rata-rata sebesar 89,86. Kata Kunci: CIRC, hasil belajar biologi, herbarium. date: 2013-12-20 date_type: published pages: 201 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. SAINTEK thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MELISA VEBRIANI, NIM. 09680014 (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBASIS HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 COMAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9755/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9755/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf