%0 Journal Article %@ 2338-557X %A HASAN, NOORHAIDI %D 2012 %F digilib:9790 %I UIN Sunan Kalijaga %J Al Jamiah %K Dhikr, ritual, public sphere, active religiosity, post-Islamist piety %N No 2 %T PIETY, POLITICS, AND POST-ISLAMISM:Dhikr Akbar in Indonesia %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9790/ %V Vol 50 %X Dhikr akbar has developed into a performance that provides the opportunity for the sharing of political ideas, thus helping to constitute and negotiate a new public sphere. It is one of the most remarkable developments in the public dhikr akbar has the ability to silently invoke relations, actions, symbols, meanings and codes, and also to bind in one symbolic package changing roles, statues, social structures and ethical and legal rules. An active religiosity which takes the form of peaceful, esoteric expressions, the dhikr akbar represents a new sense of piety. To some extent, it can be conceptualized as an alternative to religious fundamentalism, an outward-oriented activism tempted to change the society or existing system with one based on religion. Normally performed in a cultural space which attracts public esteem, it serves as a concentrated moment of communality and expression of a community’s faith and, at the same time, a means of empowering political, social and economic networks. [Dhikr Akbar berkembang menjadi ‘panggung’ di mana gagasan politik dapat disemai, karena itu berperan dalam mengokohkan dan menegosiasi ruang publik baru. Dhikr Akbar adalah salah satu bentuk ritual Islam di yang berperan dalam pembentukan identitas personal dan sosial, dhikr akbar mampu memunculkan relasi, aksi, simbol, makna dan kode, sekaligus untuk mempertemukan kesemuanya dalam satu bentuk simbol peran yang berubah,status, struktur sosial dan etika serta aturan hukum. Sebagai satu bentuk religiusitas aktif yang berbentuk corak Islam yang tenang dan berorientasi pada dimensi dalam -esoteris; dhikr akbar dapat disebut pula sebagai satu bentuk kesalehan baru. Bentuk kesalehan dapat juga merupakan bentuk keagamaan yang berbeda dengan fundamentalisme, yang berorientasi pada berlaku dengan sistem yang dianggap Islami. Dhikr akbar yang biasanya diselenggarakan di ruang budaya menarik perhatian masyarakat. Kegiatan agama, dan pada saat yang sama, mempertemukan jaringan politik, sosial, dan ekonomi.