@phdthesis{digilib9830, month = {April}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TIPE PICTORIAL RIDDLE DILENGKAPI DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN LAB UIN YOGYAKARTA }, school = {Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga}, author = {07600069 UMU AZIZAH}, year = {2012}, keywords = {inquiry tipe pictorial riddle, snowball drilling, pemahaman konsep, motivasi belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9830/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model inquiry tipe pictorial riddle dilengkapi dengan metode snowball drilling lebih efektif dari pada model pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain post-test only control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan yaitu inquiry tipe pictorial riddle dilengkapi dengan metode snowball drilling dan variabel terikatnya adalah pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTsN LAB UIN Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012, sebanyak 103 siswa yang terbagi dalam 3 kelas, sedangkan untuk sampel hanya diambil 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi pemberian post-test untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji T sampel independen (independent sample T test), yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji T sampel independen (independent sample T test) untuk data hasil post-test dengan tingkat signifikansi 0,05, diperoleh sig (1-tailed) adalah 0,000. Karena 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, maka Ho ditolak, artinya rata-rata pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dilengkapi dengan metode snowball drilling lebih tinggi daripada model ekspositori. Begitu juga dengan hasil uji T sampel independen (independent sample T test) untuk data angket dengan tingkat signifikansi 0,05, diperoleh sig (1-tailed) adalah 0,0223. Karena nilai sig (1-tailed) {\ensuremath{<}} 0,05, maka Ho ditolak, artinya rata-rata motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry tipe pictorial riddle dilengkapi dengan metode snowball drilling lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inquiry tipe pictorial riddle dilengkapi dengan metode snowball drilling lebih efektif daripada model pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa kelas VIII MTsN LAB UIN Yogyakarta} }