eprintid: 9832 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/98/32 datestamp: 2014-01-23 04:43:03 lastmod: 2016-02-02 02:32:56 status_changed: 2014-01-23 04:43:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: YULI ALVIANTI , NIM. 07690007 title: EFEKTIFITAS MEDIA POCKET BOOK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN REMBANG ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_pefis full_text_status: restricted keywords: Pocket book, Hasil belajar kognitif abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) Efektivitas penggunaan media pocket book dibandingkan dengan buku paket terhadap hasil belajar kognitif siswa, 2) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika dengan menggunakan media pocket book. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X5 sebagai kelas eksperimen, kelas X6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode tes dan metode angket. Untuk mengetahui keefektifan media pocket book dan buku paket terhadap hasil belajar menggunakan persentase ketuntasan klasikal, kemudian dibuktikan dengan uji t satu sampel. Sedangkan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan pocket book digunakan persentase skor angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pocket book lebih efektif dibandingkan dengan buku paket. Hal ini dilihat dari persentase ketuntasan klasikal kelas eksperimen pada hasil belajar kognitif sebesar 91,17%. Adapun pada kelas kontrol diperoleh ketuntasan klasikal aspek kognitif sebesar 58,06%. Hal tersebut diperkuat dari hasil tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan pocket book yang menunjukkan (positif) dengan persentase secara keseluruhan sebesar 81,28%. Hasil perhitungan pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa persentase ketuntasan klasikal 75% dan telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Kemudian hasil tersebut diperkuat dengan uji t satu sampel yang membuktikan bahwa media pocket book pada kelas eksperimen lebih efektif terhadap hasil belajar kognitif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media pocket book lebih efektif dibandingkan dengan buku paket. date: 2012-04-09 date_type: published institution: Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga department: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: YULI ALVIANTI , NIM. 07690007 (2012) EFEKTIFITAS MEDIA POCKET BOOK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN REMBANG. Skripsi thesis, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9832/1/BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9832/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV.pdf