TY - THES ID - digilib9836 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9836/ A1 - ZAINAL, NIM. 07670026 Y1 - 2012/04/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan novel kimia untuk peserta didik SMA/MA kelas X materi pokok hidrokarbon dengan karakteristik tertentu. Selain itu mengetahui kualitas novel kimia yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian lima guru kimia, peer reviewer, dan respon peserta didik . Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Subyek penilai kualitas novel kimia ini meliputi lima orang pendidik kimia SMA/MA dan 10 orang peserta didik SMA di Yogyakarta yang sebelumnya dilakukan peninjauan oleh ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Instrumen penilaian terhadap novel kimia berupa angket yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penelitian yang dilakukan terhadap pendidik meliputi 8 aspek penilaian dengan 27 indikator penilaian dan respon dari peserta didik meliputi 3 aspek penilaian dengan 11 indikator kriteria penilaian. Hasil penilaian pendidik kimia dan respon dari peserta didik menunjukkan bahwa novel kimia yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 77.19% untuk penilaian pendidik dan Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 92.73% untuk respon peserta didik. Dari hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa novel kimia layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri atau media belajar penunjang untuk peserta didik SMA/MA kelas X. PB - Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga KW - Pengembangan Sumber Belajar KW - Novel Kimia KW - Hidrokarbon . M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN NOVEL KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATERI POKOK HIDROKARBON UNTUK SMA/MA KELAS X AV - restricted ER -