relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/ title: HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI creator: ABDUL MUFID, NIM. 07410262 subject: Pendidikan Agama Islam description: Abdul Mufid. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agam Islam Di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Skripsi Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya siswa yang memiliki persepsi bagus tentang kompetensi pedagogik guru PAI ia juga memiliki motivasi belajar bagus terhadap pendidikan Agama Islam. namun kenyataannya ada siswa yang memiliki persepsi bagus, tetapi motivasi belajar Pendidikan Agama Islam kurang bagus. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agam Islam di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali, Bagaimana motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali, Adakah hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik Guru dengan Motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dengan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agam Islam Di Sma Negeri 1 Cepogo Boyolali Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 149 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengambilan sampel mengacu pada pendapat Suharsimi Arikunto yaitu mengambil 25% dari populasi yang ada yaitu 38 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis reliabilitas menunjukan koefisien reliabilitas sebesar 0.746 dan 0.878 dengan demikian dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan: Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik termasuk dalam kotegori cukup baik dengan presentase 44.73%, Motivasi Belajar Siswa termasuk dalam kategori cukup baik dengan presentase 46,66%. Berdasarkan analisis korelasi Product Moment menunjukan terdapat hubungan yang positif signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa dengan skor korelasi 0.691 dan signifikasinya sebesar 0.00 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam. date: 2012-04-04 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/5/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/6/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/7/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/8/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/9/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/10/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/11/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/12/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9857/22/small.jpg identifier: ABDUL MUFID, NIM. 07410262 (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 CEPOGO BOYOLALI. Skripsi thesis, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.