%0 Thesis %9 Skripsi %A ABDUL QODIR JAELANI , NIM. 08410050 %B UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %D 2012 %F digilib:9858 %I Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga %K peace educatian, pendidikan %T NILAI-NILAI“PEACE EDUCATION” DALAM BUKU MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9858/ %X Nilai-Nilai “Peace Education” dalam Buku Materi Pendidikan Agama Islam SMA. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada dasarnya agama Islam membawa misi sebagai rahmat bagi seluruh umat manusia, dan Pendidikan Agama Islam merupakan upaya untuk mewujudkan hal tersebut. Terjadinya tindak kekerasan, anarkis, teror, dan juga tawuran pelajar mengindikasikan belum terbentuknya budaya damai secara menyeluruh. Pendidikan merupakan andalan untuk membentuk watak bangsa dan masyarakat berperadaban dan bermartabat tinggi, dan PAI merupakan materi yang memungkinkan untuk mengajarkan nilainilai perdamaian. Penelitian ini bertujuan utuk mendiskripsikan dan menganalisis nilai-nilai peace education yang terdapat dalam buku materi PAI SMA dan urgensi nilai-nilai peace education dalam pendidikan agama Islam SMA. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong para pendidik PAI untuk memberi tekanan pada materi yang mengarah pada perdamaian dan penanaman nilai perdamaian secara lebih mendalam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan pendekatan hermeneutik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Dalam hal ini peneliti mendiskripsikan tentang nilai-nilai peace education dalam buku materi PAI SMA kemudian menafsirkan dan mencari urgensinya dalam PAI. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dalam buku materi Pendidikan Agama Islam SMA terdapat nilai-nilai pace education, nilai-nilai tersebut antara lain: nilai cinta (love), rasa belas kasih (compassion), keharmonisan (harmony), nilai toleransi (tolerance), peduli dan berbagi (caring and sharing), saling ketergantungan (interdependence), empati (empathy), spiritual (spirituality), dan rasa terima kasih (gratitude). 2) Nilai-nilai peace education memiliki urgensi dalam Pendidikan Agama Islam SMA sebagai upaya pembetukan akhlak mulia, keadilan, toleransi, dan keharmonisan pribadi maupun sosial yang mengarah pada pembentukan budaya damai. Pendidikan Agama Islam memiliki potensi strategis dalam mengaktualisasikan nilai-nilai peace education.