TY - THES ID - digilib9860 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9860/ A1 - AFIFAH TUN NISWAH, NIM. 07410036 Y1 - 2012/04/06/ N2 - Penerapan Metode Mind Map Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII A MTsN Ngemplak, Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012 Latar belakang penelitian ini adalah adanya ketertarikan terhadap mind map temuan Tony Buzan yang merupakan alat berfikir dan teknik pencatatan yang efektif yang sesuai dengan sistem kerja otak, dilihat dari metode dalam pembelajaran PAI khususnya pelajaran Fiqih dalam usaha mengoptimalkan penggunaan potensi-potensi yang dimiliki peserta didik. Selain itu, adanya permasalahan dalam pemilihan penggunaan metode yang biasa dipakai dalam penyampaian materi PAI sehingga ditawarkan mind map sebagai metode yang bisa mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Mind Map pada pembelajaran Fiqih sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas VIII A MTsN Ngemplak. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana yang berupa angka yang diperoleh dari hasil observasi motivasi siswa pada saat pembelajaran untuk membantu dalam mengungkap data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi motivasi siswa dan soal pre test dan post test untuk data hasil belajar siswa. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis deskritif kualitatif. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh dari effect size, yaitu selisih antara rerata post test siklus I dengan rerata post test siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan motivasi siswa terlihat pada perhatian siswa, berani menjawab pertanyaan yang ditanyakan guru, menulis dan mencatat materi pelajaran, aktif dalam pembelajaran, senang mengerjakan tugas dari guru, kedisiplinan siswa, memberi respon terhadap pembelajaran, berani menyampaikan pertanyaan atau pendapat kepada guru. Motivasi siswa dilihat dari hasil observasi awal rata-rata 1,6 yang masuk dalam kategori rendah, sedangkan pada siklus I motivasi siswa mengalami kenaikan rata-rata menjadi 1,8 yang masuk dalam kategori sedang. Pada siklus II motivasi siswa mengalami kenaikan rata-rata menjadi 2,7 yang masuk dalam kategori tinggi. Peningkatan motivasi siswa mengalami kenaikan secara bertahap dari kategori rendah, sedang dan akhirnya menjadi tinggi. Metode tersebut juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata pre test sebesar 67,5 dan post test sebesar 71,68 dan siklus II nilai rata-rata pre test sebesar 75,93 dan post test sebesar 79,90. Sehingga peningkatan hasil belajar siswa dapat dikategorikan baik karena mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan demikian pada aspek motivasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. PB - Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga KW - min map KW - motifasi KW - siswa M1 - skripsi TI - PENERAPAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII A MTsN NGEMPLAK SLEMAN AV - restricted ER -