TY - THES ID - digilib9863 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9863/ A1 - AHMAD CHUMAEDI, NIM. 07410346 Y1 - 2012/04/05/ N2 - Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Tarikh di SMA Muhammadiyah Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011. Latar belakang masalah ini adalah bahwa idealnya jika kompetensi pedagogik guru baik maka motivasi belajar siswa dalam suatu pembelajaran juga tinggi. Siswa yang dalam proses belajar mempunyai motivasi yang kuat dan jelas akan tekun dan berhasil dalam belajarnya. Dalam kegiatan belajar, maka motivasi menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. . Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Tarikh di SMA Muhammadiyah Sewon Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sewon Bantul Yogyakarta sebanyak 29 siswa. Dalam penelitian ini, populasi di gunakan semua. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan realibilitas. Hasil analisis validitas variabel kompetensi pedagogik guru menunjukkan dari 23 butir angket terdapat 20 butir terbukti valid, dan hasil analisis validitas variabel motivasi belajar siswa menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 28 butir terbukti valid. Sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan bahwa dari kedua variabel tersebut dinyatakan reliabel. Uji prasyarat analisis data yakni uji normalitas dan homogenitas. Analisis data dengan menggunakan analisis korelasi sederhana product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Kompetensi pedagogik guru secara rata-rata ada pada taraf cukup baik dengan nilai mean 56.66 dan standar deviasi 8.12 (2) Motivasi belajar siswa secara rata-rata ada pada taraf cukup baik dengan nilai mean 89.90 dan standar deviasi 8.72 (3) Korelasi sederhana antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai R adalah 0,170 dengan taraf signifikansi 0,377. Dari taraf signifikansi tersebut menunjukkan bahwa hubungan positif tersebut bukanlah merupakan hubungan positif yang meyakinkan. Adapun besarnya hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai R Squere adalah 0.0289 atau sama dengan 2,89%. PB - Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga KW - padagogik KW - kopetensi KW - pendidikan guru M1 - skripsi TI - HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN TARIKH DI SMA MUHAMMADIYAH SEWON BANTUL YOGKYAKARTA AV - restricted ER -