%A NIM. 09411148 AHMAD JAZULI %T PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN IBADAH SHALAT FARDHU SISWA KELAS IV SD NEGERI SUKOHARJO KEC.SEDAYU KABUPATEN BANTUL %X Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keaktivan Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas IV SD Negeri Sukoharjo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Skripsi.Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tariyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2011. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran shalat fardhu pada kelas IV SD Negeri Sukoharjo kec.Sedayu Kabupaten Bantul ini masih kurang efektif dan penyampaian guru yang masih monoton sehingga siswa terkesan pasif dan kurang percaya diri ,karena setiap pembelajaran shalat fardhu secara berjamaah siswa hanyalah mengikuti guru menjadi makmum dan kurang dapat mengembangkan kemampuannya karena sebatas mengikuti petunjuk /kehendak guru sehingga pembelajaran shalat fardhu terkesan kurang menarik dan tidak dihayati. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktivan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan keaktivan shalat fardhu Siswa Kelas IV SD Negeri Sukoiharjo Kec.Sedayu Kab.Bantul setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SD Negeri Sukoharjo Kec.Sedayu Kab.Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan observasi, dokumentasi untuk melengkapi data yang diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data yang sangat sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi,(4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bewrmain peran pada pembelajaran shalat fardhu yang dilkaukan dengan berjamaah pada siswa Kelas IV SD Negeri Suoharjo sangat efektif dan dapat meningkatkan keaktivan siswa, hal ini terlihat pada saat pembelajaran siswa mayoritas aktif dan antusias dalam melakukan shalat fardhu dengan berjanaah sesuai yang diperankan dikelompoknya.Dalam hal ini terbukti dari data yang dikumpulkan hasil observasi keaktivan pra tindakan 37,50% pada siklus I meningkat 54,98% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,96%. Dengan demikian aspek keaktivan siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. %D 2012 %K peran, metode pembelajaran, sholat fardu %I Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga %L digilib9864