%A NIM. 09670015 EDY SURYONO %O Pembimbing: Nina Hamidah, M.A., M.sc. %T PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS X %X Penelitian “Penggunaan Facebook Sebagai Media Tutorial Pembelajaran Kimia untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X” bertujuan untuk mengetahui cara menjadikan facebook menjadi media tutorial pembelajaran, hal-hal yang harus ditulis dalam laman facebook, manfaat dan kendala dari pembelajaran tutorial menggunakan facebook serta mengetahui respon peserta didik terhadap facebook yang dijadikan media tutorial pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara dengan pendidik dan peserta didik menggunakan pedoman wawancara, penyebaran angket respon kepada peserta didik dan observasi terus terang secara online. Penelitian diawali dengan membuat grup facebook “Belajar Kimia” dan wawancara dengan 5 pendidik pelajaran kimia dan 6 peserta didik tentang hal-hal yang harus ditulis dalam laman facebook yang dijadikan media tutorial, manfaat tutorial dengan metode ini serta kendalanya. Pada awal penelitian, grup facebook “Belajar Kimia” beranggotakan peneliti dan 30 peserta didik, dan bertambah menjadi 43 anggota pada saat laporan ini dibuat. Selama tutorial dilakukan pula observasi terus terang secara online terhadap posting maupun komentar dari peneliti maupun anggota grup yang lain. Setelah itu dilakukan wawancara dengan peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik maupun peserta didik, diketahui bahwa hal-hal yang perlu ditulis dalam akun facebook yang dijadikan sebagai media tutorial pembelajaran meliputi materi pembelajaran secara ringkas, latihan soal, animasi-aminasi serta hal-hal di luar pelajaran yang dapat berupa pengumuman-pengumuman maupun kata-kata motivasi. Berdasarkan wawancara serta angket yang disebar, beberapa manfaat dari penggunaan facebook adalah diantaranya yaitu memungkinkannya facebook untuk diakses 24 jam, dapat lebih memahamkan peserta didik dan dapat mengurangi kegiatan online yang kurang penting. Sementara kendalanya adalah koneksi internet yang kurang lancar, yang menyebabkan pembelajaran tutorial terganggu. Selain itu, menuliskan rumus kimia dan aritmatika secara benar dalam laman facebook tidak mungkin untuk dilakukan. Berdasarkan pengisian angket 78.6% peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan facebook sebagai media tutorial pembelajaran. Itu artinya peserta didik setuju jika facebook dijadikan media tutorial pembelajaran kimia. Adapun respon yang diteliti meliputi rasa senaang, perhatian, rasa tertarik, rasa ingin tahu dan kemauan. Hal ini menunjukkan bahwa tutorial ini cukup layak untuk diteruskan dan dikembangkan lebih lanjut. Kata Kunci: penelitian kualitatif, facebook, media tutorial pembelajaran %K penelitian kualitatif, facebook, media tutorial pembelajaran %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9868