<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah model pembelajaran\r\nkooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode talking stick lebih\r\nefektif terhadap peningkatan keaktifan siswa SMP kelas VIII dibandingkan\r\ndengan model pembelajaran konvensional, 2) apakah model pembelajaran\r\nkooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode talking stick lebih\r\nefektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP kelas VIII dibandingkan\r\ndengan model pembelajaran konvensional.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain yang\r\ndigunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel dalam\r\npenelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran\r\nkooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode talking stick, variabel\r\nterikat berupa keaktifan dan hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah\r\nseluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Kalasan Tahun Ajaran\r\n2012/2013 yang berjumlah 93 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik\r\nsimple random sampling, diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan\r\nkelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan\r\nsoal pretest-posttest, angket keaktifan, dan lembar observasi keterlaksanaan\r\npembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis\r\nadalah uji-T dua sampel independen.\r\nHasil uji-T dengan tingkat signifikan 0,05 terhadap data gain angket\r\nkeaktifan diperoleh nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,000, sehingga H0 ditolak. Artinya\r\ndata skor gain angket keaktifan kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.\r\nHasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe\r\nThink Pair Square (TPSq) dengan metode talking stick lebih efektif terhadap\r\npeningkatan keaktifan siswa SMP kelas VIII dibandingkan dengan model\r\npembelajaran konvensional. Selain itu, hasil uji-T dengan tingkat signifikan 0,05\r\nterhadap data gain hasil belajar diperoleh nilai sig.(1-tailed) sebesar 0,000,\r\nsehingga H0 ditolak. Artinya data skor gain hasil belajar kelas eksperimen lebih\r\ntinggi dari kelas kontrol. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model\r\npembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dengan metode talking\r\nstick lebih efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP kelas VIII\r\ndibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.\r\nKata Kunci: Efektivitas, Think Pair Square (TPSq), Talking Stick, Keaktifan, Hasil Belajar"^^ . "2013-07-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAK. SAINTEK, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 09600014"^^ . "ERLITA SARI"^^ . "NIM. 09600014 ERLITA SARI"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9870 \n\nEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq) DENGAN METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .