@phdthesis{digilib9880, month = {January}, title = {PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA BANK BNI SYARIAH YOGYAKARTA)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09390043 EGHA EZAR JUNAEKA PUTRA HASSANY }, year = {2014}, note = {PEMBIMBING: Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE, M.Si}, keywords = {Relationship Marketing, Relationship Quality, Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Komunikasi, Loyalitas Nasabah.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9880/}, abstract = {Kunci keberhasilan relationship marketing adalah implementasinya melalui kualitas keterhubungan atau relationship quality yang terdiri dari kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kepuasan (satisfaction) dan komunikasi (communication).Dalam penelitian ini, keempat variabel komponen tersebut digunakan untuk memprediksi loyalitas nasabah.Bank BNI Syari`ah merupakan salah satu bank yang menggunakan sistem syariah dan selalu berupaya meningkatkan loyalitas kepada nasabahnya. Salah satu upaya dalam meningkatkan loyalitas ini adalah dengan melalui relationship quality.Relationship quality merupakan suatu strategi dalam rangka membina hubungan jangka panjang dengan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel relationship quality yang terdiri dari kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kepuasan (satisfaction) dan komunikasi (communication) berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syari`ah. Pengujian ini menggunakan teknik accidental sampling yaitu mengambil responden sebagai sumber sampel berdasarkan kebetulan, dimana siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sempel bila orang yang ditemui cocok sebagai sumber data. Subjek adalah 100 nasabah aktif Bank BNI Syari`ah yang telah menjadi nasabah sekurang-kurangnya 1 tahun dan minimal melakukan transaksi 1 kali dalam sebulan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel relationship quality yang terdiri dari kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kepuasan (satisfaction) dan komunikasi (communication) berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syari`ah dengan pengaruh 44,1\%, sedangkan sisanya sebesar 55,9\% dijelaskan oleh variabel lain. Secara parsial, variabel kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kepuasan (satisfaction) dan komunikasi (communication) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank BNI Syari`ah. Kata Kunci: Relationship Marketing, Relationship Quality, Kepercayaan, Komitmen, Kepuasan, Komunikasi, Loyalitas Nasabah.} }