%0 Thesis %9 Skripsi %A ADRIADI , NIM. 09470050 %B FAK. TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:9897 %I UIN SUNAN KALIJAGA %P 139 %T MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSI DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9897/ %X Manajemen Pendidikan Inklusi MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2013. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa hingga saat ini sebagian masyarakat kita belum sepenuhnya memahami konsep pendidikan inklusi. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan dan menambah wawasan kita tentang pendidikan inklusi; (2) mengetahui unsur-unsur manajemen pendidikan inklusi dan penerapannya di Sekolah; (3) menjadikan gambaran bagi sekolah yang hendak menjadikan sekolahnya sebagai sekolah inklusi seperti apa yang telah dilakukan oleh MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan mengambil latar di MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber utama penelitian ini adalah Kepala sekolah dan manajer pendidikan inklusi sebagai pembuat kebijakan di sekolah, termasuk lingkungan masyarakat, lembaga-lembaga dan organisasi kemasyarakatan, serta lembaga pendidikan MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, pola manajemen pendidikan inklusi yang diterapkan di MAN Maguwoharjo relatif sederhana. dan pada pelaksanaannya dari tahun ke tahun MAN Maguwoharjo masih terdapat upaya untuk menemukan pola manajemen pendidikan inklusi yang sesungguhnya. Kedua, pada aspek manajemen pendidikan inklusi di MAN Maguwoharjo meliputi: aspek peserta didik, kurikulum,pendidik, sarana prasarana, proses pembelajaran, dana dan lingkungan masyarakat. Ketiga, selama ini penerapan pola manajemen terhadap aspek-aspek ini sudah dapat terlaksana dengan efektif, yaitu beberapa siswa difabel dapat mengikuti dengan baik. Keempat, terdapat faktor pendukung yang memperlancar jalannya pendidikan inklusi di lembaga ini, faktor penghambat, serta upaya-upaya untuk mengatasinya. Kelima, pada keberhasilan belajarnya, sudah terdapat beberapa siswa yang telah berhasil mengikuti dengan baik. %Z Pembimbing: Muhammad Qowim, M. Ag.