<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA "^^ . "Maftuhin, Pengaruh Pembelajaran Ta’lim al-Muta’allim dalam \r\nPembentukan Karakter Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Wahid Hasyim\r\nYogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN\r\nSunan Kalijaga, 2012. \r\n Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pembelajaran Ta’lim\r\nal-Muta’allim di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim serta untuk mengetahui\r\npengaruh pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam pembentukan\r\nkarakter Siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta.\r\nHasil penelitian ini diharapkan akan dapat membantu para pendidik agar\r\ndapat lebih mendalami makna dari fungsi seorang guru bahwa sikap guru\r\ntidak hanya melakukan tranformasi keilmuan saja namun setiap guru juga\r\nsecara tidak langsung memberikan pendidikan karakter melalui tingkah laku\r\ndan kebiasaan sehari-hari. \r\nPenelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan\r\n(field research) yang bersifat kuantitatif. Yaitu penelitian yang menggunakan\r\ndata yang dinyatakan dengan skor angka. Atau dengan kata lain data verbal\r\ndikuantifikasikan ke dalam skor angka berdasarkan definisi operasional.\r\nSedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional, yaitu penelitian\r\nyang berusaha menghubungkan suatu variabel dengan variabel yang lain\r\nuntuk memahami suatu fenomena dengan cara menentukan tingkat atau\r\nderajat hubungan di antara variabel-variabel tersebut. Yang dimaksud\r\nvariabel ialah suatu atribut dari sekelompok objek yang diteliti yang memiliki\r\nvariasi antara satu objek dengan objek yang lain dalam kelompok tersebut. \r\n Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan pembelajaran Ta’lim\r\nal-Muta’allim di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta dilaksanakan\r\npada waktu sore hari. Pembelajaran Ta’lim al-Muta’allim bertujuan untuk\r\nmendasari jiwa para siswa dalam menuntut ilmu pengetahuan, sukses serta\r\nmampu mengajarkan dan mengamalkannya. Metode pembelajaran yang\r\ndigunakan yaitu metode bandongan, ceramah,tanya jawab, dan bermain\r\nperan. (2) Pembelajaran Ta’lim al-Muta’allim berpengaruh positif terhadap \r\npembentukan karakter siswa ditunjukkan dengan nilai ρ sebesar 0.000 lebih\r\nkecil dari 0.05. atau nilai r sebesar 0.571 lebih besar dari r tabel pada taraf \r\nsignifikansi 0,05. Hasil minat siswa kelas XII MA Wahid Hasyim terhadap\r\npembelajaran Ta’lim al-Muta’allim berada pada ketegori baik dengan hasil\r\n72%. Sedangkan karakter siswa kelas XII MA Wahid Hasyim berada pada\r\nkategori baik 66,71%. Adapun nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam\r\npembelajaran Ta’lim al-Muta’allim adalah nilai tentang kerja keras,\r\nkesungguhan, komunakatif, syukur, tawakal, istiqomah, kesabaran.\r\n"^^ . "2012-12-07" . . . . . . . . . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM.6410096 "^^ . "MAFTUHIN"^^ . "NIM.6410096 MAFTUHIN"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \r\nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \r\nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9906 \n\nPENGARUH PEMBELAJARAN TA’LIM AL-MUTA’ALLIM \nDALAM PEMBENTUKAN KARAKTER \nSISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM \nYOGYAKARTA \n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .