TY - THES ID - digilib9906 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9906/ A1 - MAFTUHIN, NIM.6410096 Y1 - 2012/12/07/ N2 - Maftuhin, Pengaruh Pembelajaran Ta?lim al-Muta?allim dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pembelajaran Ta?lim al-Muta?allim di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim serta untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kitab Ta?lim al-Muta?allim dalam pembentukan karakter Siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat membantu para pendidik agar dapat lebih mendalami makna dari fungsi seorang guru bahwa sikap guru tidak hanya melakukan tranformasi keilmuan saja namun setiap guru juga secara tidak langsung memberikan pendidikan karakter melalui tingkah laku dan kebiasaan sehari-hari. Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif. Yaitu penelitian yang menggunakan data yang dinyatakan dengan skor angka. Atau dengan kata lain data verbal dikuantifikasikan ke dalam skor angka berdasarkan definisi operasional. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional, yaitu penelitian yang berusaha menghubungkan suatu variabel dengan variabel yang lain untuk memahami suatu fenomena dengan cara menentukan tingkat atau derajat hubungan di antara variabel-variabel tersebut. Yang dimaksud variabel ialah suatu atribut dari sekelompok objek yang diteliti yang memiliki variasi antara satu objek dengan objek yang lain dalam kelompok tersebut. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan pembelajaran Ta?lim al-Muta?allim di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta dilaksanakan pada waktu sore hari. Pembelajaran Ta?lim al-Muta?allim bertujuan untuk mendasari jiwa para siswa dalam menuntut ilmu pengetahuan, sukses serta mampu mengajarkan dan mengamalkannya. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode bandongan, ceramah,tanya jawab, dan bermain peran. (2) Pembelajaran Ta?lim al-Muta?allim berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter siswa ditunjukkan dengan nilai ? sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. atau nilai r sebesar 0.571 lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 0,05. Hasil minat siswa kelas XII MA Wahid Hasyim terhadap pembelajaran Ta?lim al-Muta?allim berada pada ketegori baik dengan hasil 72%. Sedangkan karakter siswa kelas XII MA Wahid Hasyim berada pada kategori baik 66,71%. Adapun nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam pembelajaran Ta?lim al-Muta?allim adalah nilai tentang kerja keras, kesungguhan, komunakatif, syukur, tawakal, istiqomah, kesabaran. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - pembentukan karakter KW - ta'lim al-muta'alim M1 - skripsi TI - PENGARUH PEMBELAJARAN TA?LIM AL-MUTA?ALLIM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS XII MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA AV - restricted ER -